Indonesia Punya Peran Penting Berbicara Demokrasi di Forum Biden’s Democracy Summit

Hipakad63.news | JAKARTA –

Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada 9-10 Desember 2021 dalam hal ini Presiden Joe Biden akan beraudiensi dengan perwakilan dari negara-negara mitra utama AS, termasuk Indonesia, dalam acara Biden’s Democracy Summit bertajuk ‘The Summit for Democracy 2021’.

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai partisipasi Indonesia terkait demokrasi dan HAM pada Biden’s Democracy Summit dapat semakin menumbuhkan eksistensi Indonesia di mata negara-negara besar, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Baca Juga :  Ketua DPR RI: Ketimpangan Pendidikan dan Ketidakadilan Jadi Ujian Ketahanan Demokrasi

“Dan forum ini menjadi kesempatan untuk Indonesia melakukan aksi bersama negara-negara maju menghadapi tantangan demokrasi di seluruh dunia saat ini,” papar mantan Menko PMK itu.

Puan berharap berbagai forum internasional terus membawa isu peningkatan demokrasi. Seperti baru-baru ini, ia juga menjadi pembicara pada forum Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, yang membahas soal demokrasi.

“Sebagai penjaga demokrasi,  Parlemen harus berada di depan dalam upaya memperkuat demokrasi. Dan parlemen harus tetap mengedepankan aspirasi rakyat dalam upaya melewati berbagai krisis yang melanda dunia,” pungkas Puan.