Ketua DPR RI: Ketimpangan Pendidikan dan Ketidakadilan Jadi Ujian Ketahanan Demokrasi

Hipakad63.news | BALI –

“Demokrasi harus mampu menjadi bagian dari penyelesaian masalah dengan berkontribusi mengakhiri pandemi, mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan, serta memperbesar akses pendidikan dan kesehatan,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani, Kamis (9/12/2021).

Hal itu disampaikan Puan guna memberikan dukungan penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 yang digelar pada hari Kamis (9/12/2021) untuk membahas soal demokrasi di kawasan Asia Pasifik, agar dapat menjawab tantangan global saat ini.

Maraknya berita-berita bohong yang meningkatkan polarisasi, dinilai Ketua DPR RI Puan Maharani dipicu oleh bertambahnya ketimpangan akses pendidikan dan ketidakadilan.

Baca JugaPuan: Demokrasi adalah Bagian dari Penyelesaian Masalah

“Tantangan-tantangan ini menjadi ujian bagi ketahanan demokrasi. Maka kita harus mengambil pelajaran tentang bagaimana memperkuat ketahanan demokrasi,” ujar Puan.

Bertema ‘Democracy for Humanity: Advancing Economic and Social Justice during the Pandemic’, BDF digelar sebagai forum antar-pemerintah negara-negara di Asia dan Pasifik untuk membahas berbagai aspek sistem demokrasi seperti berbagi pengalaman serta saling belajar dan bertukar pikiran mengenai mengenai tata kelola pemerintahan.(*)