Walikota Bekasi Hadir Dalam Raker Apeksi 2021.

Redaksi

Hipakad63.news | Yogyakarta –

Wali kota se-Indonesia berkumpul di Yogyakarta dalam event Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). ISCFE 2021 satu rangkaian dengan kegiatan Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 sekaligus sebagai ajang membahas isu-isu terkini seputar Smart City.

Pada kesempatan kali ini, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama Wali Kota lainnya mengikuti dalam paparan berjalannya APEKSI 2021 dalam pembahasan Kota dan kabupaten seputar Smart City.

Wali Kota Bekasi hadiri didampingi oleh Asisten Pemerintahan, Yudianto, Asisten Daerah II, Sudarsono, Kepala Disdukcasip, Taufik Rahman, Kepala Diskominfo, Hudy WijayantoKepala Bagian Kerjasama, Kustantinah, Kepala Bagian Humas, Sajekti Rubiyah.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor mengatakan, Kota Pintar (Smart City) merupakan kota yang mampu menggunakan sumber daya manusia, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi.

“Tentu dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat,” kata Bima Arya

Smart City adalah sebuah konsep kota pintar yang membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien.

“Tujuan utama dari pembangunan sebuah (Smart City) adalah bagaimana kita melestarikan lingkungan, meningkatkan daya saing ekonomi dan membangun masyarakat modern yang madani dengan saling berhubungan antar-sistem dan terpadu untuk semua lapisan masyarakat dan antar-lembaga pemerintahan,” katanya.

Mengusung tema “Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan bagi Penanggulangan Pandemi” event ini rencananya akan dihadiri oleh 50 wali kota se-Indonesia.

Hadiri sejumlah tokoh di antaranya Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian. Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Komunikasi dan Informasi RI Johnny Gerard Plate dan sejumlah pejabat lainnya.

Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai pada hari ini Rabu (13/10/2021) hingga Jumat (15/10/2021) dan dipusatkan di The Rich Jogja Hotel.

Acara berlangsung melalui pembahasan dari beberapa Narasumber, yakni :

1. Ganip Warsito, S.E., M.M., Ketua Satgas Covid-19 Nasional
2. Hendrar Prihadi, S.E., M.M., Walikota Semarang
3. I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E., Walikota Denpasar
4. Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si., Walikota Pariaman
5. Andrei Angouw, Walikota Manado.