Pansel Sosialisasikan Hasil Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kab. Pangandaran Periode 2022 -2027

Redaksi

HIPAKAD63.News  I  PANGANDARAN –

Panitia seleksi calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab. Pangandaran periode 2022 – 2027 mensosialisasikan hasil rekruitmen di hadapan Bupati dan seluruh pimpinan ormas Islam.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata berharap pimpinan Baznas terpilih ke depan harus terus meningkatkan literasi masyarakat tentang zakat. Pasalnya, masih banyak potensi zakat di Pangandaran yang belum tersentuh.
“Lima tahun Baznas Kab. Pangandaran saya kira sudah bagus tetapi itupun baru hanya menjangkau di kalangan ASN,” kata Bupati di Aula Sekretariat Daerah Kab. Pangandaran, Selasa (20/09/2022).

Bupati mengungkapkan, potensi zakat di Pangandaran cukup besar, untuk itu dirinya meminta Baznas sebagai lembaga zakat infak dan sedekah ke depan dapat terus mengoptimalkan perannya terutama dalam menjangkau para agnia dan pengusaha.

“Potensi zakat di Pangandaran ini sangat besar mulai dari pengusaha restoran, hotel, rumah makan dan jenis usaha lain, tentu kalau semua itu tersentuh potensi zakatnya besar,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Pansel Baznas, H. Supriana menyampaikan seluruh tahapan rekruitmen dari mulai sosialisasi, tahapan seleksi yang meliputi seleksi administrasi, kompetensi/tertulis dan seleksi wawancara hingga akhirnya menghasilkan 10 nama calon pimpinan baznas.

“Tim Pansel Baznas sudah bekerja secara maksimal dan prosedural, tim pansel bersikap terbuka dan terpublikasikan ke masyarakat,” ujar H. Supriana yang juga menjabat sebagai Kepala Kemenag ini.

“Kami sudah berkomitmen dari awal, satu kepentingan kami adalah memunculkan calon pimpinan Baznas yang profesional, amanah dan akuntabel dan dipercaya oleh publik terutama para muzaki,” tambahnya.

H. Supriana menjelaskan ada lima indikator yang dilakukan Pansel dalam seleksi wawancara, pertama terkait baca tulis Alquran, kedua kutubut turats, ketiga regulasi Baznas, keempat manajemen pengelolaan zakat, kelima moderasi beragama.

“Tim seleksi melakukan tes kompetensi dan wawancara, ini salah satu ukuran untuk mengetahui lebih jauh bagaimana calon Baznas ini benar-benar memiliki pemahaman yang cukup tentang bagaimana mewujudkan pengelolaan zakat, wawasan kebangsaan, baca tulis Alquran, kutubutturats sehingga apabila kompetensi ini bagus maka secara teoretis mereka akan mengelola zakat ini dengan baik dan benar,“ jelasnya.

Sosialisasi hasil seleksi calon pimpinan Baznas Kab. Pangandaran periode 2022-2027 dihadiri Wakil Bupati Kab. Pangandaran, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pangandaran, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Pimpinan Ormas Islam PCNU, PD Persis, PD Muhamadiyah, Ketua FKPAI, FKUB, FPP dan Ketua MUI Kecamatan se-Kab. Pangandaran. (Humas Kemenag/ HIPAKAD63.News)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news