Desa Cipayung Dirikan Bank Sampah dengan Konsep Ecovillage

“Kader FKPPI 0907 Cikarang Timur Yossy Triananda Suteja Mendirikan Bank Sampah di desa Cipayung,Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi”

Hipakad63.news | Kabupaten Bekasi –

Persoalan sampah memang tidak mudah untuk penyelesaiannya hampir diseluruh daerah di Indonesia sampah menjadi problematik, yaitu terkait lahan pembuangan sampah atau TPS bahkan sampai pengolahan-nya. Berbagai cara dilakukan untuk mengelola sampah agar bisa lebih baik, salah satunya di Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang dilakukan Kader FKPPI,Yossy Triananda Suteja beserta Sri Chodimah dengan mendirikan bank sampah dengan sistem Ecovillage di area lingkungan sekitar desa Cipayung

Program Ecovillage ini berupa Bank Sampah yang ditujukan untuk pengurangan dan pemilahan sampah dengan melibatkan warga sekitar, dalam kunjungan-nya Ketua Koperasi Swadek Bhagasasi H Deddy Rohendi,SH MH CTA, merasa bangga akan kader FKPPI yang sudah berani tampil untuk memperkenalkan konsep ecovillage kepada masyarakat sekitar dalam kurun waktu 4 tahun berjalan.
”Masalah sampah sudah bukan masalah individu atau golongan tetapi sudah menjadi masalah nasional dan masalah global,” ujar H.Deddy.

Sehingga dengan dukungan dari kepala desa Cipayung H.Ajan beserta warga telah membangun bank sampah dalam pengelolaan sampah masyarakat sekitar desa Cipayung.

Keberadaan bank sampah ini, kata Yossy, harus ada kesinambungan dan dilakukan edukasi secara terus menerus kepada warga. Di mana kehadiran Ecovillage ini membuat fasilitas pengelolaan sampah di-pilah dan seterusnya yang dilakukan secara profesional.

Intinya, ungkap Yossy, program ini untuk membina kepedulian masyarakat atas lingkungan dan bumi yang lebih bersih dan sehat. Caranya dengan dengan memilah sampah organik serta sampah non-organik.

Joko Triyono sebagai Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM yang mewakili Ketua Cabang KB FKPPI 0907 Kabupaten Bekasi H.Toto Iskandar,SE , memberikan apresiasi dengan hadirnya bank sampah dalam program Ecovillage di Desa Cipayung.
“Alhamdulillah masih ada Kader terbaik FKPPI, untuk bisa hadir dan memperhatikan masalah sampah dan dapat jadi contoh bagi kader kader FKPPI lain khususnya Kabupaten Bekasi,” ungkap Joko