Upacara Pelepasan Personil Satuan BKO Teritorial Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari TA 2021

Redaksi

Hipakad63.news l Sorong-Papua Barat –

Pada hari Kamis tanggal, 23 Desember 2021 Pukul 07.30 Wit, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri memimpin Upacara Pelepasan Personel Satuan BKO Teritorial Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari TA 2021, hadir dalam kegiatan Kasi Ren Korem 181/PVT, Para Kasi Kasrem 181/PVT, Para Dansat dan Kabalak Aju Jajaran Korem 181/PVT, bertempat di Gedung Praja Vira Tama, Jl Pramuka No. 1 Kel. Malamso, Distrik Malaisimsa, Kota Sorong, Prov. Papua Barat. Kota Sorong, Papua Barat.

Pangdam XVIII/Kasuari dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri menyampaikan selaku Pangdam XVIII/Kasuari dan pribadi, mengucapkan “terima kasih” kepada personel satuan BKO teritorial Koramil persiapan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari TA. 2021 yang telah melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas serta memandang pelaksanaan tugas yang mulia ini sebagai suatu kehormatan.

“Perlu diketahui bersama, Kehadiran satgas BKO teritorial Koramil persiapan ini merupakan Perintah Kasad tentang percepatan pembangunan Kodam XVIII/Kasuari yang dilatarbelakangi permasalahan khususnya terkait terbatasnya personel dan satuan komando kewilayahan Kodim dan Koramil di wilayah Kodam XVIII/Kasuari Provinsi Papua Barat. Selain itu juga dihadapkan dengan kondisi wilayah yang sangat luas dan situasi keamanan yang masih rawan, sehingga di pandang perlu adanya pengembangan satuan komando kewilayahan berupa Kodim dan Koramil persiapan di beberapa kabupaten baru sebagai cikal bakal Kodim dan Koramil organik di jajaran Kodam XVIII/Kasuari”, ungkapnya.

“Satuan BKO teritorial Koramil persiapan yang akan dilepas hari ini berjumlah 457 orang yang berasal dari Kodam Jaya, Kodam I/Bukit Barisan, Kodam II/Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, Kodam IX/Udayana, Kodam XII/Tanjungpura, Kodam XIII/Merdeka dan Kodam XIV/Hasanuddin yang telah di tugaskan di berbagai daerah dimana dalam pelaksanaan tugasnya tersebar di wilayah Provinsi Papua Barat mulai dari 21 Januari 2021 hingga 17 Desember 2021”, jelas Pangdam.

Secara umum, dampak positif dari keberadaan satuan BKO teritorial Koramil persiapan selama ini diantaranya yaitu peningkatan animo pemuda-pemudi yang mendaftar menjadi prajurit TNI mengalami peningkatan cukup tinggi, terbukti pada banyaknya putra dan putri OAP yang menjadi prajurit TNI AD. Hal ini merupakan indikator wawasan kebangsaan meningkat. Selain itu, kehadiran negara yang diwakili oleh TNI AD dirasakan masyarakat. Hal ini menjadikan masyarakat semakin dekat dengan TNI AD sehingga kehadiran TNI AD bermanfaat terutama dalam membantu kesulitan rakyat.

“Selaku Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan apresiasi dan penghargaaan yang tinggi atas jerih payah dan pengabdian yang tulus ikhlas kalian selama bertugas di tanah Papua Barat. Saya berharap segala pengalaman selama bertugas sebagai satuan BKO teritorial di Kodam XVIII/Kasuari dan sudah berinteraksi dengan masyarakat Papua Barat bisa mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat”, pungkasnya. (Penrem 181/PVT/Hipakad’63.News)