Serap Dana Desa, RT 07 RW 04 Dusun Tarisi Sulap Jalan Tanah Menjadi Rabat Beton

Redaksi

Hipakad63.News l Pangandaran –

Hari pertama pembangunan jalan rabat beton berjalan sesuai yang diharapkan bahkan sampai di lanjut malam hari. Dengan dikucurkannya Dana Desa oleh Pemerintah Pusat melalui Dana Desa (DD) Tahap I Th 2022, kini setiap Desa bisa membangun infrastruktur yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pembangunan jalan rabat beton yang diharapkan warga sangatlah dinantikan dan didukung penuh. Hal ini terlihat dengan antusiasme warga yang turut serta membantu Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) untuk membangun jalan tersebut. Bisa dilihat dikerjakan sampai malam hari, dari pengadaan konsumsi bagi para pekerjaannya yang juga dari warga RT dan RW setempat diperoleh dengan mudah secara swadaya, ini menandakan bahwa budaya Gotong royong ditengah masyarakat Dusun Tarisi Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang kabupaten Pangandaran masih ada. Senin (23/05/2022)

Baca Juga : https://hipakad63.news/wagub-jabar-serahkan-56-ton-beras-perlu-inovasi-dan-kolaborasi-dengan-bbws/?amp

Di lokasi kegiatan Ketua LPM Desa Maruyungsari Endro Wagino Ke Hipakad63.News mengatakan, dulu di RT 07 RW 04 jalan tersebut masih tanah, sebab dulu hanya pengerasan saja menggunakan Karang (cabluk) sehingga mengakibatkan terganggu nya akses warga terutama disaat musim penghujan. Hal itu melatarbelakangi masayarakt RT 07 mengajukan usulan melalui musyawarah Dusun, usulan yang kemudian disampaikan ke musrenbangdes maupun musdes penyusunan RKPDes tahun 2022, kata Ketua LPM.

Baca JugaPemdes Maruyungsari Bangun Tembok Penahan Tanah

Lebih lanjut ketua LPM menjelaskan, dengan kesepakatan bersama yang ditindaklanjuti oleh para tim perumus RKP Desa,usulan warga RT 07 Dusun Tarisi bisa dimasukkan kedalam APBDes Maruyungsari Tahun 2022,Kegiatan tersebut di danai oleh Dana Desa 2022. Kebetulan untuk jadwal pencairan nya adalah pada tahap pertama (I), jalan yang dibangun sepanjang 85 meter dengan lebar 2 meter dan ketebalan 0,1 meter,”jelasnya.

Sugeng selaku kepala Dusun Tarisi yang juga Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), menyampaikan sebelum kegiatan, kami bersama mengadakan musyawarah persiapan kepada masyarakat RT 07 yang juga dihadiri oleh ketua RW dan BPD, sehingga nampak guyub dan transparansi kepada warga. Dalam waktu 3 hari pengerjaan rabat beton dapat terselesaikan sesuai volume,”ungkapnya.

Baca Juga : https://hipakad63.news/bupati-pangandaran-peran-guru-melahirkan-mutu-dan-kualitas-pendidikan-yang-bagus/?amp

Saya selaku Kepala Dusun mewakili warga masyarakat sangat berterima kasih dengan pembangunan jalan rabat beton tersebut, karena sangat membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari terutama bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Mengingat jalan tersebut dulu hanya jalan setapak yang kiri kanan banyak pohon bambu, namun alhamdulillah usulan terealisasi,”imbuhnya.

Dengan pembangunan rabat beton ini diharapkan roda perekonomian semakin bergelora di wilayah tersebut, dan warga setempat bisa leluasa menggunakan transportasi nya seperti motor, sepeda maupun motor roda tiga nya di wilayah tersebut,”pungkasnya. (Hipakad63.News)

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news