Sekda Pimpin Rapat Pengendalian PMK pada Hewan

"Sekda Kab.Deli Serdang Darwin Zein,S.Sos, mengatakan untuk pencegahan perlu dibentuk tim terpadu di Kecamatan dan Langkah langkah awal yang dilakukan, antara lain, memperketat pengawasan lalu lintas secara ketat dan  melengkapi masing masing dengan sarana biosecurity, melakukan koordinasi lintas sektor untuk pengawasan lalu lintas ternak dan pencegahan penularan, menyusun peraturan persyaratan lalu lintas ternak."

Hipakad63.News | Deli Serdang –

Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein,S.Sos Memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Wilayah Kabupaten Deli Serdang, di Lantai II Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (25/5/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut mewakili Kapolresta Deli Serdang, Kabag Operasional Kompol Ricky P. Atmaja S.I.K., mewakili Dandim 0204/DS Kapt. Kav. B. Sitinjak, Para Pimpinan OPD serta Para Camat se-Kabupaten Deli Serdang.

Baca JugaPenyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Sangat Menular, Pemkot Bekasi Minta Masyarakat Waspada

Pada kesempatan tersebut Sekda menyampaikan, pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti lembu dan kambing perlu dibentuk Tim di setiap Kecamatan serta didirikan juga Posko, setiap Tim juga diberikan tugas dan fungsinya guna mencegah  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat.

Langkah langkah awal yang dilakukan, antara lain, memperketat pengawasan lalu lintas secara ketat dan  melengkapi masing masing dengan sarana biosecurity, melakukan koordinasi lintas sektor untuk pengawasan lalu lintas ternak dan pencegahan penularan, menyusun peraturan persyaratan lalu lintas ternak ( Form keterangan asal ternak yang ditandatangani kades atau lurah serta SKKH.

Selanjutnya, mengidentifikasi ketersediaan SDM, obat obatan, desinfektan, peralatan medis dan logistik lainnya yang diperlukan melaksanakan pelatihan/ peningkatan kompetensi petugas Puskeswan, melakukan komunikasi informasi dan edukasi( KIE) pada masyarakat, peternak, pedagang dan usaha peternakan tentang PMK serta membentuk kader relawan kesehatan hewan Desa dalam langkah deteksi dini, menerapkan SOP penanganan produk dan produk sampingan.

Baca JugaBabinsa Imbau Peternak Sapi Jaga kebersihan Kandang Agar Jauh dari Penyakit

Sementara Kabag Ops Polresta Deli Serdang Kompol Ricky P. Atmaja S.I.K mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini dalam waktu dekat diharapkan tidak terjadi kepanikan pada saat penularan, untuk itu kita harus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada masyarakat khususnya kepada peternak dengan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

“ Kegiatan pencegahan bisa melibatkan Bhabinkamtibmas dalam langkah deteksi dini di desa-desa dengan memahami SOP agar tidak menimbulkan masalah” ucapnya. (Hipakad63.News)

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news