Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Ziarah Rombongan Ke Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol

Hipakad63.news l Minahasa –

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M.Si memimpin Ziarah rombongan ke makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol, Jumat (03/12/2021) di Minahasa.

Dalam rangka Hari Juang Kartika Ke-76 tahun 2021 Kodam XIII/Merdeka yang dipimpin oleh PangdamXIII/Merdeka melaksanakan ziarah rombongan ke Makam Tuanku Imam Bonjol bertujuan untuk mengenang pahlawan seorang Ulama pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan Perang Padri tahun 1803–1838.

Tuanku Imam Bonjol merupakan Pejuang yang di asingkan oleh pemerintah Belanda dan membuangnya sejauh mungkin dari kampung halamannya.

Tuanku Imam Bonjol lahir di Tanjung Bungo Bonjol, Sumatera Barat pada tahun 1774 dan wafat dalam pengasingan-nya di Minahasa pada tanggal 6 November 1854.

Pelaksanaan Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletak-kan karangan bunga secara simbolis oleh Pangdam XIII/Merdeka. Dilanjutkan tabur bunga ke makam Pahlawan Tuanku Imam Bonjol.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M.Si dalam ziarah-nya mengatakan ziarah ini adalah salah satu kegiatan untuk mengenang Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol, momen ini harus kita jaga terus, tentunya ini akan bisa membangkitkan semangat patriotisme, nasionalisme dalam meneruskan perjuangan Pahlawan yg di berikan kepada Masyarakat khususnya dan terhadap NKRI umumnya.

Hadir pada Ziarah tersebut Camat Pineleng Drs. Jonly Wua M.M, Kapoksahli Brigjen TNI Agus Saepul, S.Sos., M.M, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Dandim 1309/Manado Kol Inf Daniel Edgar Syaloom Lalawi Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka dan Para Kabalakdam XIII/Merdeka.

 

Sumber : Pendam XIII/Merdeka, Autentikasi: Letkol Inf Jhonson M. Sitorus