Pangdam III/Slw Menyambut Kedatangan Panglima TNI Dan Tinjau Kesiapan Satgas Yonif Raider 301/PKS Brigif 15 Kujang II

Redaksi

Hipakad63.news l Bandung –

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, menyambut sekaligus memaparkan kesiapan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS Brigif 15 Kujang II, kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, di Komando Taktis (Kotis) Jalan Raya Ciwidey Desa Patenggang Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Rabu (12/1/2022).

Hadir Pejabat Utama Mabes TNI, Dankodiklatad, Danpussenif, Pangdam III/Slw, Kasgartap II Bandung, Danlanud Husein Sastranegara, Danlanal Bandung, Dansatgas Yonif R 301/PKS serta para Danpos.

Dalam paparannya, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, terkait Satgas Yonif R 301/PKS dalam rangka Operasi Perbantuan kepada Pemda dengan melakukan Pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial.

Kemudian dilanjutkan meninjau latihan melalui videotron pada kegiatan latihan Briefing materi Anjangsana dipimpin Dansatgas Yonif R 301/PKS.

“Tugas Satgas Yonif R 301/PKS dalam rangka Operasi Perbantuan kepada Pemda, dengan melakukan Pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial,”jelas Pangdam III/Slw.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, mengatakan, kedatangan dirinya ke tempat latihan di Ciwidey, karena memang salah satu Batalyon kita akan berangkat tugas menjadi Satgas Kodim serta Satgas Koramil dan secara khusus Batalyon Infanteri Raider 301/PKS akan ditempatkan di sekitar Lani Jaya dengan Jaya Wijaya, Papua.

“Jadi, Saya menyempatkan diri untuk memastikan mereka memahami tugas-tugas yang baru sesuai dengan kebijakan yang sudah saya lakukan dan dimulai sejak awal Desember kemarin,” jelas Panglima TNI.

Dalam penilaian Panglima TNI, Prajurit Yonif R 301/PKS yang akan melaksanakan tugas operasi, secara umum sudah memahami yang harus dilaksanakan di tempat tugas nanti.
Namun, perlu kehadiran para pimpinan, baik di tingkat Kodam, di Lembaga Pendidikan maupun Panglima TNI. Hal ini untuk menambah yang harus prajurit lakukan dalam tugas pokok Kodim dan Koramil.

“Jadi mereka ada yang ditempatkan di Koramil begitu juga yang akan ditempatkan di Kodim, mereka juga melaksanakan tugas di Kodim, itulah yang merupakan perubahan cukup drastis dibandingkan dengan apa yang dilakukan selama ini di Papua,” tegasnya.

Jenderal TNI Andika Perkasa juga meyakini dengan melakukan tugas satuan-satuan teritorial sama seperti di daerah lain, begitu pula di Papua.

“Saya yakin akan lebih mengena adalah cara mereka bekerja sebagai Babinsa sebagai Danramil, sebagai anggota Kodim itu yang akan menyentuh dalam tugas-tugas mereka yang mungkin selama ini tidak terlalu menjadi titik berat, dengan demikian TNI akan dicintai rakyat,” terangnya.

Indikator keberhasilan hanya satu. Saya ingin mereka kembali dari penugasan dengan membawa pertemanan sebanyak mungkin, mereka bisa mengenal masyarakat di tempat tugas semakin baik,” harap Panglima TNI.

Penugasan Yonif R 301/PKS, akan bertugas selama satu tahun. Direncanakan bulan Februari awal 2022 hingga bulan Februari tahun depan.

“Kedatangan saya juga, sekaligus mengkonfirmasi apa yang sebetulnya mereka pahami tentang tugas-tugasnya dan fine-tuning itu membentuk frekuensi, sehingga ada sedikit deviasi. Tetapi dengan adanya pertemuan kita tadi, untuk meluruskan apa yang menjadi tugas pokok mereka,” tandasnya.. (Pendam III/Siliwangi/Hipakad’63.News)