Luar Biasa! Kombes Pol (Purn) Maruli Siahaan Sukses Bina Empat Anaknya Jadi Abdi Negara

Redaksi
Foto: Potret Keluarga Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan, SH., MH dan 4 kakak adik sama-sama jadi Perwira TNI-Polri, Sukses di matra masing-masing.
Foto: Potret Keluarga Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan, SH., MH dan 4 kakak adik sama-sama jadi Perwira TNI-Polri, Sukses di matra masing-masing.

HIPAKAD63.News | JAKARTA

Luar Biasa!. Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan, SH., MH dan isterinya Betty br Simanjuntak akhirnya berhasil dan sukses membina 4 (empat) anaknya lagi-laki untuk menjadi Abdi Negara, baik di TNI maupun Polri.

Mempunyai anak-anak yang sukses dan berhasil merupakan harapan bagi setiap orangtua. Apalagi mereka memilih untuk mengikuti jejak orangtuanya. Seperti halnya Kombes (Purn) Maruli Siahaan yang telah berhasil mendidik anak-anaknya hingga sukses.

Bahkan, ke empat anak laki-lakinya mengikuti jejaknya menjadi seorang abdi negara yakni TNI dan Polri. Namun, rupanya ada cerita menarik di balik kesuksesan ke empat anaknya tersebut. Adik ketiga sempat heran melihat kakaknya selalu mengenakan seragam.

Empat anak laki-laki buah cinta Maruli Siahaan dan sang istri diketahui berhasil menjadi seorang abdi negara. Keempatnya diketahui tengah menjadi seorang perwira.

Kakak pertama ialah, Kapten Inf. Jimson Andre Siahaan, S.S.T.Han. Kedua yaitu, Kapten POM Deddy Surya Putra Siahaan, S.S.T.Han.

Dan putra ketiga adalah, Iptu (Polri) Tri Boy Alvin Siahaan, S.Tr.K., M.H. Sementara yang paling bungsu adalah, Letda Inf. Ferry Christianto Siahaan, S.Tr.Han.

“Saya sebagai Dansatprov Denma koopsau ll, Kakak saya, pasintel yon 305, Adik saya polisi lagi kuliah S2 di ITB, Yang paling kecil di Taipur,” kata Deddy saat dihubungi Hipakad63.News.

Sementara itu diketahui, Kombes Maruli Siahaan merupakan Purnawirawan dengan jabatan terakhirnya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Hukum Divhukum Polri. Polisi yang berpengalaman di bidang reserse ini memiliki empat putra yang mengikuti jejaknya menjadi abdi negara.

Kapten POM Deddy Surya Putra Siahaan adalah anak sulung yang sebelumnya bercita-cita menjadi petinju. Ternyata kini dirinya mengabdi sebagai tentara.

Melalui akun pribadinya, Deddy menceritakan betapa hebatnya sang ayah. Tak pernah memarahi dan selalu memberikan perhatian melalui telepon.

Meski terkesan sederhana, tapi Kombes Maruli tak pernah absen untuk menanyakan kabar keempat putranya di rumah.

“Ayah kami, beliau tidak pernah memberikan hal yang bersifat memanjakan atau memarahi kami berempat. Pengalaman tugasnya pernah berdinas di Poso dan Kupang tetapi tidak menghambatnya untuk tetap konsisten menanyakan kabar keadaan kami berempat, walau hanya sebatas telepon seluler yang dia lakukan setiap hari,” tulis Deddy.

Tak ada kesombongan, anak seorang petani itu tampak rendah hati. Mengaku hanya memotivasi anaknya, seraya tak ada tuntutan.

“Saya sebagai orangtua hanya untuk mendorong dan memotivasi supaya mereka benar-benar jangan menyesal pada cita-cita mereka,” kata Maruli dalam video kelulusan putra bungsunya.

Semasa masih mengabdi di kepolisian, Maruli termasuk yang kerap dikirim tugas ke luar kota. Selama merantau, ia masih setia menghubungi keluarga di rumah.

Bahkan kerap mengingatkan tiga pesannya yang berharga. Hal itulah yang dinilai Deddy sebagai kunci sukses anak-anaknya.

“Hanya 3 pesannya kepada kami berempat, Jaga Kesehatan, Jangan Bertengkar, dan Jangan Lupa Berdoa. Pengalamannya bertugas dimana-mana menjadi pengalaman berharga dalam membagi waktu baik untuk keluarga maupun dinas,” tambah Deddy.

Selain peran Maruli, ada ibu yang mendidik dengan baik. Betty br Simanjuntak sebagai satu-satunya wanita di rumah yang menjadi panutan.

“Beliau bangga dan bersyukur karena ada seorang istri yaitu mami kami tercinta yang selalu mendukung serta merawat dan mendidik kami berempat anak-anaknya saat beliau menjalani tugas di luar Sumatera,” terangnya.

Hebatnya lagi, sosok inspiratif ini selalu berusaha membantu orang lain. Termasuk bagi anak-anaknya. Bahkan tak pernah terucap kata tidak.

Di balik sosok gahar dan sangarnya Kombes Maruli, terdapat hati yang lembut serta ayah yang luar biasa.

“Bersyukur memiliki sang idola yang selalu memberi arah jalan kebaikan. Setiap perkataan untuk membantu hanya “Iya” & “Diusahakan”, dalam kamusnya tak pernah terucap kata-kata “Tidak”,” tulis Deddy. (HIPAKAD63.News)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news

Penulis: DANS/H63NEditor: DANS