Kasat Lantas Pimpin Rapat Lintas Sektoral, Kesiapan Siaga Bencana di Karawang

Redaksi

Hipakad63.News | Karawang –

Polres Karawang bertindak sebagai tuan rumah saat rapat koordinasi bersama instansi terkait dalam rangka kesiapan siaga bencana di Kabupaten Karawang, Selasa (19/7/2022). Bertempat di aula Polres Karawang, lantai 2.

Rapat lintas sektoral tersebut dihadiri oleh: Kabid Lalin Dishub, Kasi PRKP Dinas PUPR, Sekban BPBD, Kabid Damkar, Kabid LJS Dinsos, Dinas Kesehatan, Kasi Rekayasa Lalin Dishub, Kabid Linmas Sat Pol PP, Kasi Ops Sat Pol PP, Jasa Raharja Perwakilan Karawang dan KBO Satlantas Polres Karawang.

Baca JugaKasat Lantas Polres Karawang Evakuasi Korban Laka Menuju Klinik Terdekat

Hasil rapat kali ini menguatkan tekad bahwa Polres Karawang beserta seluruh instansi terkait secara umum sudah siap dalam menghadapi bencana alam yang mungkin akan terjadi di Kabupaten Karawang, karena masing masing instansi sudah mengetahui dan memahami tupoksinya apabila terjadi bencana alam.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono melalui Kasat Lantas Polres Karawang AKP LD Habibi Ade Jama, selaku pimpinan rapat menjelaskan bahwa semua instansi terkait sudah mempersiapkan segala sesuatunya apabila terjadi bencana alam di Kabupaten Karawang.

Para instansi terkait juga akan membuat grup WhatsApp lintas sektoral sehingga memudahkan komunikasi antar instansi dalam menangani bencana alam. Melalui grup WA ini akan mencakup semua pelaksanaan teknis di lapangan, sehingga apabila ada masyarakat yang mengetahui adanya suatu bencana bisa langsung melaporkan atau mengadukan.

Menurut Habibi, dalam grup WA lintas sektoral ini terdapat nomor dari masing-masing petugas dari instansi terkait.

“Kami juga akan share nomor-nomor tersebut ke media sosial, diskominfo dan instansi lainnya. Kemudian kepada teman-teman media, kami minta tolong juga untuk di share, supaya masyarakat luas mengetahui,” pinta Habibi.

Baca JugaPolres Karawang Juara Satu Input Data se Indonesia

Mengenai penanganan bencana alam, Habibi menjelaskan secara spesifik, yang pertama kali dilakukan adalah menghubungi grup WhatsApp lintas sektoral yang telah di share sebelumnya, setelah itu kami akan bergerak secepat mungkin untuk menanggulangi bencana tersebut, contohnya seperti bencana banjir.

“Bila nanti ada banjir, otomatis Satlantas melakukan rekayasa lalu lintas bersama Dinas Perhubungan. Kemudian untuk Dinas Sosial serta Dinas Kesehatan menyiapkan bantuan lainnya, lalu BPBD akan menyiapkan tempat penampungan sementara bagi warga yang terdampak,” jelas Habibi.

Habibi melanjutkan, berdasarkan laporan dari BPBD Karawang, BMKG, bahwa memasuki musim kemarau saat sekarang ini akan ada bencana ekstrem.

“Bila prediksi itu benar, kami (instansi terkait-red) sudah menyiapkan antisipasi secara baik,”

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat Karawang agar tetap waspada dan siap mengantisipasi, serta mencari tahu harus menghubungi siapa ketika bencana terjadi,”

Jadi jangan hanya diam saja ketika kita melihat kejadian atau bencana, walaupun kita bukan sebagai korban, paling tidak membantu menyampaikan kepada kami (instansi terkait-red).

Baca JugaSatlantas Polres Karawang Peduli Anak Yatim di Jomin Timur

Dinas Sosial yang diwakili oleh Asep Achmad. S, turut menyampaikan bahwa ini berkaitan dengan tupoksi kita, salah satunya untuk penyediaan makanan siap saji bilamana ada titik-titik pengungsi akibat bencana.

“Karena itu kan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, dan juga mungkin semua relawan kita sudah siap. Banyak taruna siaga bencana berjumlah 37 orang siap membantu,” terang Asep.

Asep menambahkan bahwa rapat ini adalah rapat koordinasi yang menegaskan tupoksi masing-masing instasi bilamana terjadi bencana. (HIPAKAD63.NEWS)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news