Kadisdukcapil: Scan Barcode KK Untuk Cek Status Dokumen Aktif

Hipakad63.news | Kota Bekasi –

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menginformasikan kepada warga agar tetap memastikan status dokumen kependudukan aktif dengan mengecek dan scan barcode Kartu Keluarga masing-masing.

Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Taufiq mencontohkan ketika ada kendala KTP-el dinyatakan error oleh berbagai sektor pelayanan publik, yang perlu dicek adalah silahkan scan QR Code yang ada di KK untuk memastikan status dokumen aktif.

“Terkecuali disana dinyatakan dokumen tidak aktif baru silahkan mengurus ke Disdukcapil. Keterlambatan update dari lembaga layanan yang lamban mengakibatkan Disdukcapil dianggap bertanggung jawab, padahal proses pemanfaatan data Kependudukan sudah diatur oleh MOU antara Lembaga dengan Kemendagri,” kata Taufiq.

Dukcapil juga memberikan edukasi kepada publik dan warga, karena sudah dibuatkan kesepakatan berasama antara Lembaga dan Kemendagri.

“Logikanya ketika KTP-el berhasil dicetak maka dipastikan database sudah aktif dan terdaftar karena jika belum valid maka KTP-el, tidak bisa di cetak. Jika masih ada lembaga layanan yang menyatakan bahwa dokumen tersebut error maka silahkan warga mengajukan cetak Biodata WNI di setiap kecamatan sesuai domisili sebagai bukti keabsahan dokumen Kependudukan,” terangnya.

“Jika lembaga masih menolak maka penolakannya harus resmi dengan surat di keluarkan dan di tandatangani oleh Kepala Cabang Layanan dimaksud. Demikian untuk saling memahami dan menginformasikan ke publik atau warga,” tandasnya.