Jelang Musim Tanam, Petani di Desa Maruyungsari Gelar Ruat Bumi

Redaksi

HIPAKAD63.News I PANGANDARAN –

Menjelang musim tanam, masyarakat di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran melakukan kegiatan ruat bumi. Hal itu dilakukan, merupakan sebuah tradisi di lingkungan masyarakat tesebut dan sebagai tanda rasa syukur terhadap Allah SWT. Jum’at, 21/10/2022

Turut hadir dalam acara itu, kepala desa Maruyungsari beserta jajarannya, Ketua BPD Yayan Suryana, juru kunci Sudirjo, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan kelompok tani serta warga masyarakat.

Baca JugaMasyarakat Desa Maruyungsari gelar renungan suci sebagai wujud syukur dan doa untuk Indonesia

Dalam kesempatan itu, kepala Desa Maruyungsari Tusiman mengatakan, kegiatan ruat bumi yang dilakukan oleh masyarakat tersebut boleh dikatakan sebuah tradis, dan bentuk rasa syukur warga terhadap Allah SWT. Karena lahan yang terus kita pergunakan ini harus disyukuri. Selain itu juga harus dirawat dengan baik, agar apa yang ditanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan panen yang melimpah ruah,”kata Kades.

Lanjut kades, pihaknya juga berharap kepada para petani dalam mengolah lahan pertaniannya agar menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), supaya bisa lebih cepat dalam mengolah lahannya,”lanjutnya.

 

 

“Intinya para pertani diharapkan agar mengelola lahan pertaniannya dengan baik dan bisa memanfaatkan alat-alat pertanian yang diturunkan oleh pemerintah,” harapnya

Di tempat yang sama, Juru kunci Sudirjo, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh warga di wilayah desa maruyungsari. Karena biasanya menjelang musim tanam dan panen, para petani melakukan kegiatan tasyakuran yang sudah menjadi tradisi turun menurun, “kata Sudirjo.

Baca JugaPemdes Maruyungsari Sulap Tanah Kas Desa Jadi Lapak Untuk PAD.

“Ketika mulai masa tanam, masyarakat akan melakukan syukuran dahulu yang dinamakan ruat bumi yang berbagai hasil bumi serta tumpeng menjadi ciri khas dalam acara ini. Sebelum itu, warga juga telah melakukam ziarah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di wilayah itu,” ujarnya. (H63N)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news