Dukung Program Ketapang, Dandim Tanah Bumbuh Turun Ke Tanah Berlumpur

Hipakad63.news l Tanah Bumbu –

Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si.,M.Tr (Han) menghadiri kegiatan penanaman padi secara serentak, Kamis (02/12/2021).

Kegiatan penanaman padi secara serentak digelar oleh kelompok tani Bina Makmur berlangsung di jalan Kupang Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat tampak dihadiri oleh Dandim 1022/Tnb.

Kehadiran Dandim dalam kegiatan ini adalah wujud dukungan Kodim atas program Ketahanan Pangan (Ketapang) Nasional dan pada kesempatan kali ini adalah dukungan kepada para petani padi.

Pada kesempatan tersebut, Pelda Indro Turseno selaku pembina Kelompok Tani Bina Makmur menyampaikan keluhan dan kendala yang dialami oleh para petani berupa keterbatasan alat-alat pertanian dan kondisi cuaca ekstrem yang melanda wilayah Bumi Bersujud.

Pada sambutannya Dandim 1022/Tnb menyampaikan bahwa ada salah satu tugas pokok TNI adalah mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat.

“Tugas Pokok TNI seperti yang tertuang dalam 8 wajib TNI yakni mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, oleh karenanya kami akan senantiasa membantu dan mendukung masyarakat, dan salah satunya adalah dalam program ketahanan pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu” tutur Dandim.

“Kami akan berupaya membantu semampu kami untuk membantu mengatasi kendala-kendala yang dialami oleh para petani, dan kami tidak akan segan-segan berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah untuk mengatasi kendala yang ada, semoga kegiatan yang dilaksanakan hari ini akan membawa kebaikan, kami senang disini sudah terbentuk kelompok tani, kami berharap itu akan lebih meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan para petani” pungkas Dandim.

Dandim tanpa ragu mengawali para petani untuk turun ke sawah dan terkena lumpur untuk menanam padi secara bersama-sama. Dandim bahkan sempat melakukan penanaman padi dengan 2 cara yakni secara manual dan juga menggunakan mesin tanam secara otomatis. Harapan yang disampaikan oleh pak Agus anggota kelompok tani Bina Makmur adalah :

“Kami berharap adanya dukungan dari berbagai pihak khususnya pemerintah yakni berupa peningkatan penyediaan alat-alat pertanian, ketersediaan pupuk dan obat-obatan serta adanya jaminan harga untuk hasil panen para petani” ujarnya.

Sumber : Kodim 1022/Tnb