Bupati Pangandaran Sosialisasi Dan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Di Desa Emplak Kalipucang

Redaksi

Hipakad63.News  | Pangandaran –

Kini bertambah lagi desa di Kabupaten Pangandaran yang mendeklarasikan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF). Setelah sebelumnya desa Karangjaladri Kec. Parigi, disusul hari ini Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, yang merupakan desa ke 43 dari 93 desa yang ada di Kabupaten pangandaran. Senin, 18/4/2022.

Kegiatan deklarasi sendiri dilaksanakan di Aula desa tersebut, dihadiri Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Ketua Tim Pengerak PKK Kab. Pangandaran Hj. Ida Nurlela Wiradinata, Camat Kalipucang, Perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Pangandaran, dan Kades di lingkup Kecamatan Kalipucang.

Read more: https://hipakad63.news/jalin-silaturahmi-pemdes-maruyungsari-tarling-di-masjid-jami-baitul-mutaqin-dusun-tarisi/

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

“Menciptakan masyarakat yang sehat atau menjaga derajat kesehatan masyarakat yang baik tentu tidak cukup hanya dengan membangun puskesmas. Tentu faktor yang menentukan indeks kesehatan masyarakat adalah faktor kesehatan lingkungan harus dijaga dengan baik,” ucap Bupati dalam pidatonya.

Read more: https://hipakad63.news/menkeu-thr-dan-gaji-ke-13-lengkapi-strategi-stimulasi-ekonomi-nasional/

Selain itu, Beliaupun menyampaikan, kesehatan lingkungan berbasis sanitasi adalah bagaimana lingkungan itu sehat, salahsatunya yang paling utama adalah tidak buang air sembarangan, karena dengan buang air besar sembarangan dapat menimbulkan persoalan.
“Beliaupun mengharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Pangandaran agar menjaga lingkungannya.

Read more: https://hipakad63.news/masyarakat-dan-babinsa-bersihkan-saluran-irigasi-sawah/

“Kita mempunyai RSUD bagus, dokter spesialis semakin banyak, saya selalu berkoordinasi, berkomunikasi, mengevaluasi pelayanan puskesmas dan RSUD, namun tentu tidak ada artinya kalau lingkungan kita tidak sehat, yang paling penting adalah bagaimana masyarakat menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Desa Emplak sendiri merupakan daerah wisata, juga lintasan wisata baik yang ke Pantai Karapyak atau ke Pantai Pangandaran.

Read more: https://hipakad63.news/kasad-pimpin-acara-syukuran-memperingati-hut-ke-70-kopassus/

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news