Daerah  

Jalin Silaturahmi, Pemdes Maruyungsari Tarling Di Masjid Jami Baitul Mutaqin Dusun Tarisi

Redaksi

Hipakad63.News | PANGANDARAN,–

Dalam rangka menjalin silaturahmi dan mengisi rangkaian ibadah di bulan ramadhan, Pemerintah Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang mengadakan tarawih keliling (tarling) pada Hari Minggu (17/04/2022) di Masjid Jami Baitul Mutaqin Dusun Tarisi RT 06 RW 03 Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.

Tarling bulan Ramadhan 1443 H / 2022 M yang awal kegiatan dilaksanakan di Masjid Jami Baitul Mutaqin Dusun Tarisi Desa Maruyungsari diikuti oleh Kepala Desa dan seluruh Perangkat Desa, BPD, MUI, LPM, Karang Taruna dan Pengurus Bumdes.

Pada agenda tarling Pemerintah Desa Maruyungsari di Masjid Jami Baitul Mutaqin Dusun Tarisi, disambut hangat oleh jamaah yang hadir. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jamaah yang hadir memenuhi Masjid Jami Baitul Mutaqin.

Setelah Sholat Tarawih, acara dilanjutkan dengan sambutan dari takmir Masjid Jami Baitul Mutakin Saryo (45), dan sambutan dari Kepala Desa Maruyungsari.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Maruyungsari Tusiman menyampaikan kepada jamaah supaya menjaga kerukunan antar umat beragama, terutama sesama umat islam.

Tarling pada malam itu diisi tausyiah atau ceramah agama oleh ketua MUI Desa Maruyungsari Hanifudin.

Dalam ceramahnya beliau menerangkan, “Kita harus bersyukur hingga saat ini masih diberi nikmat sehat sehingga dapat mengerjakan ibadah puasa di siang hari dan bisa mengerjakan sholat tarawih berjama’ah di malam hari,” terangnya.

Ketua MUI juga menyampaikan secara jelas tentang kewajiban umat islam untuk mengerjakan semua rukun islam, terutama kewajiban ibadah puasa di bulan romadhon dan jangan jauhi para ulama dan selalu dekat dengan Kyai,”paparnya.

Beliau juga menyampaikan ilmu agama tentang ciri-ciri orang yang diampuni dosanya. Antara lain orang yang mau menegakkan kalimat tauhid, selalu membaca istighfar serta mau menjalankan ibadah dengan ikhlas. Tak lupa berpesan untuk menghormati dan berbakti bagi mereka yang masih mempunyai orang tua. “Walaupun sudah punya anak, kalau masih memiliki orang tua ya harus berbakti dan menghormat kepada orang tuanya,” tandasnya.

Dengan tauziah ini, beliau berharap jamaah dapat memperbaiki ibadahnya terlebih di bulan suci ramadhan yang pahalanya berlipat ganda di banding bulan-bulan lainnya,”harapnya.

Sebagai acara penutup, kepala desa memberikan tali asih kepada Masjid Jami Baitul Mutaqin Dusun Tarisi sebagai kenang-kenangan sekaligus berharap dapat memberikan manfaat bagi jamaahnya.

Acara tarling pada malam ini diakhiri pukul 22.00 WIB dan dilanjutkan ramah tamah dengan para jama’ah masjid Jami Baitul Mutaqin. Adapun para ibu dan remaja masjid masih melanjutkan tadarusan membaca Al Qur’an secara bergiliran.

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news