Babinsa Laksanakan Karya Bakti Penanaman Pohon

Babinsa Koramil 1318/Padaherang Laksanakan Karya Bakti Penanaman Bibit Pohon Dari Rumah Zakat Dan Kolompok Bonsay Pangandaran

Hipakad63.news l Pangandaran –

Kodim 0613/Ciamis- Koramil 1318/Padaherang, dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional (HMPN), anggota TNI dari Koramil 1318/Padaherang jajaran Kodim 0613/Ciamis bersama berbagai elemen masyarakat Kecamatan Padaherang laksanakan karya bakti penanaman bibit pohon dari rumah zakat dan kelompok bonsay Pangandaran, Minggu (28/11/2021)

Penanaman bibit pohon merupakan program penghijauan lingkungan yang di gelar dalam rangka memperingati HMPN, guna menjaga stabilitas terhadap lingkungan. Pelaksanaan kegiatan menanam pohon sekitar 1000 bibit pohon dengan bermacam macam jenis, dilakukan sepanjang pinggir Jalan.

Untuk lokasi yang menjadi sasaran penanaman pohon yakni di Kampung Paligen Dusun Pengasinan Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang Kabupaten Pengandaran.

Menurut Babinsa Desa Pasirgeulis Serda Kusmarlan, selain sebagai sumber oksigen, pohon juga menjadi penyejuk di saat Matahari bersinar dengan teriknya. Pohon juga memiliki manfaat dari berbagai sisi, karena memiliki banyak manfaat, menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global.

“Pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global, pohon juga membantu penghijauan untuk mencegah banjir serta mengurangi dampak dari hujan, maka penting bagi kita untuk menanam pohon, ’jelas Babinsa.

“Pohon dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin, pemecahan sirkulasi ini supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan dan dapat mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor, dengan menanam pohon, kita membantu melestarikan tempat hidup binatang seperti burung, tupai, lebah, dan ular.,’tutur Babinsa

Selain itu, Babinsa juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut peduli dalam pelestarian tanaman pohon.

“Sebab, tanaman pohon Jati dan pohon pelindung lainnya sangat bermanfaat besar bagi mereka yang tinggal di perbukitan/pegunungan,”paparnya.

“Penanaman bibit pohon ini merupakan rangkaian kegiatan sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan alam di sekitar kita,” pungkas Babinsa.