SPP Lestarikan Budaya Lewat Pariwisata

“Serikat Petani Pasundan (SPP) Kab. Pangandaran Adakan Acara Konsolidasi Dan Melestarikan Mengembangkan Budaya Indonesia Lewat Pariwisata”

Hipakad63.news l Pangandaran.

Pelestarian Seni dan Budaya Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Negara memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dan menjadikan Kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan. Keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia.

Sabtu dini Hari (05/12/2021) bertempat di Sekretariat Serikat Petani Pasundan (SPP) Pantai Batu Hiu Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran menggelar silaturahmi sekaligus konsolidasi dalam rangka mempersatukan semua elmen masyarakat Pangandaran, digelar Serikat Petani Pasundan (SPP) Kabupaten Pangandaran Jawa Barat demi kemajuan kabupaten Pangandaran kedepan. Dengan menyuguhkan seni tari sunda Ronggeng Gunung yang menjadi bagian dari pariwisata kabupaten Pangandaran.

Hadir diacara tersebut Arif budiman ketua panitia, ketua DPRD Asep Nurdin, wakil ketua DPRD Muhamad Martin, bang Sentot, ketua KPU, ketua Bawaslu, ketua KONI, kepala desa cibenda, mantan kepala dinas pendidikan Surman, Ormas dan LSM yang ada dikabupaten pangandaran, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat kabupaten Pangandaran. Juga dari pihak kepolisian dan koramil hadir sekaligus untuk menjaga keamanan.

Baca JugaSukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Dampingi Petani Rontokan Jagung

Dalam sambutannya Arif Budiman selaku panitia penyelenggara, menyampaikan rasa syukur bisa terlaksana acara silaturahmi dan konsolidasi dan seni budaya daerah ronggeng gunung. Menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan diacara ini seluruh elemen termasuk bupati da wakil bupati pejabat Pangandaran kami undang, diharapkan dengan acara ini kita bisa menyatu, bersama sama membangun Pangandaran yang lebih baik menuju Pangandaran yang cerdas dan bermartabat,”jelas Arif.

Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang anggota masyarakat khususnya kita sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal diantaranya adalah mau mempelajari budaya tersebut, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita, Ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan,”ungkap Arif Budiman.

Jaka Purnama (H.Sentot), selaku dewan kehormatan SPP mengatakan, mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan, Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain, Mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa, Menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki, Menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme.

Ajarkan budaya kepada orang lain dengan kebersamaan dan komunikasi yang aktif dengan semua pihak akan menghasilkan suatu tujuan, dengan melakukan kegiatan ini kita semua kedepan dapat membangun kebersamaan dan membangun komunikasi yang lebih aktif agar tercipta harmonisasi sesama masyarakat dan pemerintah demi terwujudnya pangandaran yang lebih baik,”katanya.

Sementara ketua DPRD pangandaran Asep Nurdin dalam sambutannya” mengapresiasi acara silaturahmi dan kosolidasi sekaligus dengan adanya hiburan ronggeng gunung yang menjadi bagian pariwisata kabupaten pangandaran, upaya pelestarian budaya tidak cukup hanya dilakukan melalui berbagai pertunjukkan secara regular. Hal utama yang juga harus dilakukan adalah pemberian apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan objek budaya, warisan dan tradisi yang tumbuh dimasyarakat secara turun temurun khususnya kepada generasi muda,”terangnya.

Disamping itu kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayan secara kreatif seperti seni pertunjukan, kulineri, fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya. Mari bersama-sama membangun Pangandaran dengan menyatukan tekad, menjadikan Pangandaran lebih hebat, dan apresiasi kepada ketua pelaksana kang Arip Budiman dan rekan rekan SPP, yang telah ber-intisiasi untuk melaksanakan kegiatan yang sangat luar biasa, dan saya maknai bahwa kegiatan ini dengan konsolidasi bagaimana membangun kebersamaan,”paparnya.

Hal ini penting dilakukan, agar masyarakat, khususnya generasi muda termotivasi dan memiliki pemahaman yang baik dan terlibat aktif dalam melakukan proses internalisasi nilai-nilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan kegiatan ini menjadi sebuah komitmen kita untuk merawat, ngarumat, kabupaten pangandaran, dan dengan hiburan seni tari ronggeng rombongan wirahma sari dua yang di suguhkan di acara ini menjadi suatu kebersamaan untuk menuju satu tujuan,” ungkap ketua DPRD Pangandaran.