SMAN 1 Kejayan Juara Lomba Esai Tingkat Nasional

"Kalahkan Ratusan Sekolah Di Tanah Air, 2 Pelajar SMAN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan Raih Juara Pertama Lomba Esai Tingkat Nasional Tahun 2022".

Redaksi

Hipakad63.news | Pasuruan –

Dua pelajar SMAN 1 Kejayan berhasil juara pertama Lomba Esai tingkat Nasional tahun 2022 yaitu Ridhoillah Rahmansyah, siswa kelas X MIPA 5 dan Amelia Jasmine Firdaus, siswi kelas X MIPA 3.

Berjudul “Pemanfaatan sumber energi terbaru-kan demi tercapainya program zero net emition 2060” karya mereka yang keluar sebagai Juara Pertama di tingkat Nasional dan mampu mengalahkan ratusan sekolah dari berbagai daerah di tanah air.

Ridho mengaku dirinya tak menyangka karya dia dan temannya bisa memenangkan lomba Esai yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) waktu itu, Sebab ia diberi waktu dalam 3 hari untuk membuat esai tersebut.

“Waktu itu saya pas ujian, kemudian kata guru saya ada waktu hari jumat sampai minggu untuk membuat esai yang keren. Akhirnya saya pun mikir judul esai saya tersebut,” kata Ridho.

Esai karya mereka berdua mengangkat dua tema utama, Yakni penggunaan teknologi alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil dan teknologi bio massa.

Menurutnya, selama ini bahan bakar fosil menjadi dalang penyumbang gas rumah kaca di indonesia, Sehingga solusi yang bisa diambil adalah penggunaan pembangkit listrik tenaga surya atap yang dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil.

Di sisi lain, atas prestasi yang di peroleh kedua pelajar tersebut jelas membuat Kepala SMAN 1 Kejayan Trisnurini Tantrianingrum merasa bangga.

Trisnurini menjelaskan bahwa Ridho adalah siswa satu-satunya pelajar SMAN 1 Kejayan yang mengikuti Kelompok Belajar Cepat yakni pendidikan di bangku SMA hanya ditempuh dalam waktu dua tahun saja.

“Ridho anak yang smart, karena untuk bisa ikut kelompok belajar cepat, nilai minimal semua mata pelajaran harus 91. Kalau turun ya gagal, Ridho juga pernah mengikuti tes IQ potensi kecerdasan di Lembaga Psikologi di Surabaya dengan nilai 122 yang artinya adalah superior atau di atas rata-rata,” terang Trisnurini.

Menurut Trisnurini, Atas prestasi yang di peroleh dua pelajar Ridho dan Jasmin itu, maka pihak sekolah sudah menyiapkan reward khusus. (Hipakad63.News)