Sistem Drainase Merupakan Langkah Awal Penanggulangan Banjir di Kota Bekasi

Redaksi

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI,-

Panitia Khusus (Pansus) 3 DPRD Kab. Pohuwato Provinsi Gorontalo mengunjungi DBMSDA Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait sistem drainase di Kota Bekasi.

Turut hadir pada acara kunjungan kerja ; Kabid. Sumber Daya Air, Anjar Budiono beserta jajarannya.

Pemimpin rombongan selalu Ketua Pansus 3, Wawan Hatama menjelaskan bahwa kedatangannya untuk membahas sistem drainase di Kota Bekasi karena di daerahnya belum ada.

” Kami ingin belajar banyak dengan dinas terkait khususnya DBMSDA agar lebih tertata seperti rancangan master plan yang direncanakan sudah sampai sejauh mana, masalah yang dihadapi, serta anggaran yang dibutuhkan dalam membuat Polder air ”

Berita TerkaitDPRD Kabupaten Pohuwato Pelajari Inovasi Daerah di Kota Bekasi

Selanjutnya, bergantian memberikan sambutan, Kabid. Sumber Daya Air, Anjar
Menjelaskan bahwa ada 4 bidang di BMSDA, salah satunya bidang sumber daya air yang bertugas menangani sistem drainase dan polder air.

” Sistem Drainase merupakan langkah awal dalam penanggulangan banjir di Kota Bekasi dan sudah dibuat sebanyak 40 polder air dan ratusan rumah pompa yang di kelola oleh Pemerintah dan swasta dibawah pemantauan BMSDA untuk mengendalikan masalah banjir dan genangan ”

Pihaknya menjelaskan sistem kerja Polder air seperti perpindahan air dari hulu ke hilir sehingga membutuhkan perhitungan yang matang tentang ketinggian.

” Di dalam polder tersebut nanti air secara bergantian ditahan / ditampung agar tidak meluap di suatu tempat. Ketika sudah memungkinkan baru air dipindahkan ke saluran air biar tidak menggenang ”

Dan ada juga tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pematusan milik DBMSDA yang bertugas melakukan pemeliharaan saluran air dengan turun langsung ke lapangan.

” Tim dan alat berat juga memiliki tugas yang sama yakni menjaga saluran air agar tidak mampet dan menghambat jalannya air akan tetapi kesadaran masyarakat akan kebersihan lebih utama dan sangat membantu dalam meringankan tugas kami ” Tutupnya

Acara dilanjutkan dialog interaktif, foto bersama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kabupaten Pohuwato.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news