SIGAB Pusat Resmi Melantik SIGAB Korda Pangandaran

Redaksi

HIPAKAD63.News – | PANGANDARAN 

Sebagai bentuk pergerakan Dakwah Persatuan Islam (PERSIS) dibidang kemanusiaan , SIGAB (Siaga Bencana) Pusat Resmi melantik SIGAB Korda Pangandaran pada hari Rabu, 28 Desember 2022 , bertempat di Desa Bungur Raya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran.

Di hadiri oleh Polres Kabupaten Pangandaran di wakili oleh KBO POL AIRUT Anang Tri SH kanit Badan SAR Nasional Edwin, pimpinan wilayah persatuan islam Bandung, Ketua Harian SIGAB PERSIS Pusat.

Walaupun sudah lama berkiprah di lembaga kebencanaan di wilayah kabupaten Pangandaran beserta tim basarnas , namun baru hari ini resmi di Lantik.
“Ketua Sigab persis pusat melalui ketua Harian Rizal dalam wawancaranya menjelaskan , Sigab merupakan wadah kemanusiaan di bawah pengawasan PERSIS Pusat, tentunya ini merupakan sarana dakwah di segmen kemanusiaan.

saya sebagai ketua harian sigab persis pusat mewakili ,Bp.Sony Ramdani sebagai ketua umum yang tidak bisa hadir dalam acara ini berharap setelah di lantiknya SIGAP PERSIS KORDA Pangandaran bisa lebih maju bisa lebih eksis kemanfaatan nya, karena saya merasa bahwa di tahun tahun ini intensitas bencana semakin tinggi, karena itu bagi SIGAB KORDA Pangandaran ini menjadi sebuah PR Besar tentunya.

Penanggulangan bencana tidak hanya tugas dari pemerintah, tetapi juga tugas masyarakat, terlebih persis sebagai Organisasi Islam yang modern sudah bertransformasi menjadi ormas yang tidak hanya berkecimpung di dunia pendidikan dan dakwah juga harus berperan aktif dalam social kemasyarakatan, tentu hal ini tidak bisa hanya dengan retorika saja sehingga pada tanggal 25 agustus tahun 2006, persis membentuk tim Sigab (Siaga Bencana) dengan merekrut alumni alumni relawan persis yang pernah terlibat dalam penanganan bencana di Tsunami Aceh, gempa Jogja, dan Tsunami Pangandaran dan pada tahun 2017 di masa kepemimpinan al Ustadz Aceng Zakaria.

Sigab direvitalisasi dari sebuah tim menjadi lembaga, yang menuntut memenuhi kebutuhan tantangan kondisi Indonesia yang berada dalam Zona Ring Of Fire sebagai super marketnya bencana, sehingga perlunya dibentuk Korwil untuk di tiap Provinsi serta Korda untuk tingkat pimpinan Daerah, ungkap nya.

Sigab di Pangandaran ini bukan sesuatu yang baru kalau saya perhatikan, upaya upaya untuk membentuk korda pangandaran ini sudah dilakukan dari tahun 2018 ketika SBT Tasik saya perhatikan ada beberapa peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

Juga terdengar kabar bahwa relawan-relawan Sigab Pangandaran ini walaupun belum terbentuk atau di sahkan, tetapi selalu aktif dalam penanganan bencana baik di daerahnya maupun di luar daerah pangandaran, seperti yang baru baru ini terlihat antusiasme relawan-relawan Sigab Pangandaran ikut serta dalam giat respon persis di penanganan gempa cianjur.

Kedepan saya harapkan Korda Sigab Persis Pangandaran ini bisa lebih aktif serta melahirkan relawan-relawan yang tangguh bukan hanya secara skill penanganan bencana juga ilmu dan akhlakul karimah yang menjadi ciri dan unggulan relawan Sigab Persis.

Hal ini bias terwujud dengan pelatihan dan bimbingan para asatidz serta peran serta lembaga-lembaga baik internal jamiyyah maupun eksternal jamiyah.

Di tengah banyak nya bencana di Indonesia tentunya ini merupakan sebuah upaya penanggulangan kebencanaan di wilayah kabupaten Pangandaran. Sigab Persis Korda Pangandaran resmi di lantik pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2022.

Kasatpol Airut melalui KBO Pol. Airut Anang Tri SH. menjelaskan bahwa tim Sigab Persis sudah banyak berkiprah tentunya di wilayah kabupaten Pangandaran. Banyak beberapa kegiatan yang di lakukan tim sigab termasuk pencarian korban laka laut.

“Makanya kita butuhkan berdirinya Sigab dan bisa memberikan sumbangsih amal pertolongan kemanusiaan khususnya di kabupaten Pangandaran.” tutur Kanit Badan SAR Nasional Edwin

Pimpinan wilayah persatuan Islam Bandung dalam sambutanya menjelaskan pimpinan pusat tidak hanya berharap sajian instan tentunya, harapan nya kedepan setelah di lantik nya ada proses yang membanggakan dengan keterbatasan SDM yang ada di  kab Pangandaran, setelah nanti terbentuk tentunya tantangan nya juga semakin banyak.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news

Penulis: KARTIMEditor: BIN