Respon Cepat, Puskesmas Padaherang Beri Layanan Kesehatan Gratis

Redaksi

HIPAKAD63.News I PANGANDARAN –

Puskesmas Padaherang melakukan pelayanan secara komprehensif pasca banjir kepada warga terdampak di Dusun Anggaraksan Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Sabtu, 19/11/2022.

Salah satu bentuk respon cepat yang diberikan adalah tim kesehatan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Padaherang akan memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kondisi kesehatan dan pemberian obat gratis kepada warga masyarakat yang terdampak banjir dengan cukup membawa identitas.

Karena akses masuk jalan yang terendam sekitar 40-50 sentimeter, tim medis dari Puskesmas Padaherang mendatangi secara langsung lokasi banjir dan menyerahkan obat gatal dan kavorit kepada pemerintahan setempat. Dan siap untuk memberikan layanan kesehatan secara gratis kepada warga yang terdampak banjir didominasi oleh bayi, balita, perempuan dan lansia.

dr Azka Rizky Hidayat, didampingi petugas medis Puskesmas mengungkapkan bahwa, tim medis Puskesmas Padaherang memberikan pelayanan kesehatan berupa Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk warga yang terdampak banjir dengan datang langsung ke lokasi banjir. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan warga baik-baik saja dan mencegah munculnya penyakit yang lebih parah yang timbul akibat bencana banjir tersebut, “ungkap nya.

dr. Azka Rizky Hidayat berpesan kepada para warga agar tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan secara ketat selama musim penghujan ini, bilamana ada warga yang membutuhkan pertolongan akibat dampak banjir, pihaknya siap memberikan layanan pengecekan kesehatan, dan obat-obatan secara gratis,”pesannya.

Sementara Kepala Puskesmas Padaherang Suryati SKM.,M.Si. Saat di konfirmasi Via telpon mengatakan, pengobatan gratis tersebut digelar oleh pihaknya karena di beberapa titik banjir sejumlah warga mulai mengalami keluhan gejala penyakit pada kulit seperti gatal-gatal dan sejenisnya, “katanya.

Kita dapat informasi ada sejumlah warga yang yang terdampak banjir yang tinggal di bantaran sungai maupun di pemukiman mulai mengalami gejala gatal-gatal pada kulit, dan air konsumsi yang kurang sehat.

“Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Padaherang kami menyambangi lokasi banjir yakni yang ada di sejumlah titik banjir di kecamatan padaherang, ” jelasnya.

Layanan kesehatan dan pengobatan gratis ini disambut baik oleh salah satu warga Kampung Anggaraksan RW 13 RT 31 bernama Deni Rusmanto yang juga perangkat desa maruyungsari.

Semoga dengan salah satu bentuk respon cepat yang diberikan tim kesehatan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Padaherang akan memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan bermanfaat bagi warga masyarakat yang terdampak banjir, “ungkap nya.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news