Puskesmas Padaherang Gelar GERMAS 2022

 

HIPAKAD63.News I PANGANDARAN,-

Puskesmas Padaherang menggelar GEBYAR GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) kegiatan tersebut berlokasi di kecamatan Padaherang yang di hadiri oleh kepala dinas kesehatan Kabupaten Pangandaran, kepala puskesmas, sekcam Padaherang serta para kader yang turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Diketahui puskesmas Padaherang merupakan salah satu puskesmas yang pertama menggelar gebyar germas di wilayah kabupaten Pangandaran.

Terlihat dalam kegiatan tersebut seluruh yang hadir melakukan gerakan makanan buah bersama di pandu oleh tim ahli gizi dan melakukan senam bersama selama 6 menit

Selain itu dalam kegiatan gebyar germas juga menghadirkan beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan kader desa se-Kecamatan padaherang.

Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati SKM, M.Si, mengatakan pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk kembali membudayakan GERMAS. Dengan demikian, derajat kesehatan masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Pangandaran bisa lebih sehat.

“Melalui kegiatan ini kita ingin masyarakat teredukasi pentingnya sehat. Lebih baik mengeluarkan biaya untuk sehat daripada biaya untuk sakit, karena itu hindarilah sakit. Salah satunya dengan Gerakan Masyarakat Hidup sehat,”katanya. Rabu 10/08/2022.

Selain itu kepala puskesmas Padaherang menginginkan masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat makan makanan yang bergizi dan rajin berolahraga.

“mulailah hidup sehat dengan berolahraga minimal sehari 30 menit dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan” pungkasnya.

Di-lokasi yang sama Yadi Sukmayadi selaku kepala dinas kesehatan Kabupaten Pangandaran sangat mengapresiasi kegiatan Gebyar Germas yang dilakukan di Kecamatan Padaherang.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali karena ini salah satu yang akan mendukung upaya untuk pencegahan percepatan penurunan Stanting di Kabupaten Pangandaran ucapnya saat diwawancarai.

Menurutnya di dalam Germas ada indikator yang mendukung upaya percepatan dan pencegahan Stanting,

“Ada 6 indikator diantaranya cek kesehatan secara berkala atau secara rutin, hindari asap rokok, istirahat cukup, perbanyak konsumsi buah-buahan dan kelola stres, saya kira itu hal-hal yang bisa mewujudkan masyarakat Kabupaten Pangandaran hidup sehat dan sejahtera,”ungkapnya.

Sejauh ini untuk target germas salah satunya menghindari buang air besar sembarangan dan dirinya menargetkan akan menyelesaikan di tahun 2022.

“Jadi semua masyarakat tidak ada lagi yang membuang air besar sembarangan nantinya semua masyarakat akan mengakses ke jamban keluarga yang bertujuan untuk bisa hidup lebih sehat” tutupnya. (HIPAKAD63.News)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news