Polres Pasuruan Gelar Simulasi Pengamanan

Antisipasi Situasi Kamtibmas Pilkades Serentak Di Kabupaten Pasuruan Aman, Polres Pasuruan Gelar Simulasi Pengamanan

Redaksi

Hipakad63.news | Pasuruan –

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Pasuruan akan segera digelar serentak pada 23 Maret mendatang. Untuk mempersiapkan hal tersebut, Polres menggelar kegiatan simulasi pengamanan di Halaman Mapolres Pasuruan dan disaksikan langsung oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz beserta anggota Forpimda.

Terpantau, simulasi itu diperagakan oleh seluruh anggota Polres Pasuruan dengan melibatkan anggota Kodim 0819 Pasuruan hingga Satpol PP, Linmas dan warga sekitar.

Peragaan simulasi pun dimulai dari pengamanan kotak suara mulai dari kantor kecamatan sampai menuju balai desa setempat. Selain itu, para personel juga mensimulasi apa saja langkah yang akan dilakukan apabila ada potensi kerusuhan/kericuhan pada saat pilkades itu sendiri.

Kabag Ops Polres Pasuruan, Kompol Sugeng Supriantoro, menjelaskan tujuan dilaksanakannya simulasi ini tak lain untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan situasi kamtibmas pada saat pelaksanaan Pilkades dilaksanakan.

“Dengan simulasi ini, kita bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi suatu hal seperti perampasan kotak suara, masyarakat tidak puas dengan hasil pemilihan dan lain sebagainya,” kata Kompol Sugeng.

Sekitar 50 personel yang dilibatkan dalam simulasi Pilkades ini. Namun nanti di saat hari H Pilkades itu sendiri, jumlah personel Polres Pasuruan yang akan dikerahkan mencapai 655 anggota yang disebar ke 54 desa yang menggelar Pilkades Serentak di Kabupaten Pasuruan, dan ada back up personel dari Kodim 0819 Pasuruan, Satpo l PP dan Linmas alias Hansip.

“Kalau dari Polres Pasuruan total 655 personel. Kami juga diback up langsung oleh Kodim 0819 Pasuruan, Satpol PP dan Linmas. Semuanya berjaga di masing-masing TPS sampai di kecamatan,” tegas Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng juga menegaskan bahwa di desa-desa yang sulit di jangkau oleh kendaraan besar, Polres Pasuruan sudah menyiapkan satu pleton pasukan bermotor brimob yang dipersenjatai lengkap.

“Mereka akan menjangkau di tiga wilayah, yakni Kecamatan Puspo, Winongan dan Pasrepan, seperti contoh di Desa Keduwung Puspo, itu khan daerah yang sulit di jangkau kendaraan seperti mobil. Maka dari itu kita terjunkan pasukan bermotor masing-masing satu pleton brimob yang semuanya dipersenjatai dan mereka adalah bagian dari pasukan pemukul,” tutupnya. (Hipakad63.News)