Polres Pangandaran. Gelar Giat Binteknis Sekaligus Pembentukan Bakor Satuan Pengamanan Wilayah Hukum Polres Pangandaran.

Redaksi

HIPAKAD63.News I PANGANDARAN –

Satuan Pengamanan wilayah kerja Polres Pangandaran. Sehubungan dengan rujukan UU No.2 th 2002 tentang kepolisian Negara Republik Indonesia. PP no.43 th.2012 tentang Tata cara pelaksanaan Koordinasi, pengawasan dan pembinaan teknis terhadap kepolisian khusus, penyidik pegawai negri sipil dan bentuk-bentuk Pengamanan swakarsa. PerPol no.4 th.2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat S.I.K, yang diwakili Wakapolres Kompol Arisbaya SH . Membuka kegiatan Binteknis sekaligus pembentukan Bakor Satuan Pengamanan wilayah hukum Polres Pangandaran Polda Jawa Barat bertempat di Aula Polres Pangandaran. Kamis, 11 Agustus 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Arisbaya SH. Kanit Reskrim AKP Luhut Sitorus SH. MH., Kasat Binmas AKP. Didi Sutardi, serta masing-masing Satuan kerja/Bujp yaitu: GBS ( Garuda Braja Sakti ) 4 orang, Grand Pangandaran 2 orang, PKSS (Prima Karya Sarana Sejahtera) 2 orang, BSP (Bravo Satria Perkasa) 2 orang, JIBAR Indonesia 2 orang, KML (Kencana Makmur Lestari) 2 orang. NSA/911 (Nusantara Satria Agung) 2 orang. GLI (Graha Lotus Indonesia) 2 orang, WBM (Wiratama Bakti Manunggal) 2 orang, SPM (Satria Putra Mandiri) 2 Orang, GAPIN (Ganda Putra Insas) 2 Orang, HGU (Heksa Garda Utama) 2 Orang, BPN (Pertanahan) 1 Orang, Samsat / Bapenda 1 Orang dan JAPFA 1 Orang.

Pemilihan di pimpin oleh Wakapolres Kompol Arisbaya SH., pemilihan dilaksanakan terbuka. Adapun calon no urut 1 Iwan Sutiawan, no urut 2 oki, no urut 3 Pajar dari jumlah hadir 30 orang pewakilan tiap tiap yayasan sekuriti dan perusahaan. Pemilihan di pimpin oleh kasat binmas polres Pangandaran AKP Didi Sutardi pemilihan dilaksanakan terbuka adapun pemenangnya adalah no urut 1 Iwan Sutiawan jumlah suara 20 orang.

Dalam amanatnya Kapolres Pangandaran yang di bacakan Wakapolres Kompol Arisbaya SH., menyampaikan bahwa Satpam adalah pekerjaan yang mulia dan merupakan bagian dari Polri, maka perlu melalui Pendidikan Gada Pratama dengan tujuan mendidik mental dan ilmu pengetahuan hukum, serta memiliki keterampilan dasar sebagai Satuan Pengamanan.

Satpam adalah salah satu mitra Polri diharapkan dengan pembinaan dan pelatihan yang didapatkan ini dapat menjadi pembekalan dalam melaksanakan tugas sebagai keamanan di wilayah kerjanya,”paparnya.

Lebih lanjut, Wakapolres juga meminta kepada anggotanya yang bertindak sebagai instruktur benar-benar menjaga protokol kesehatan guna untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga penutupan nantinya dapat berjalan lancar.

Kepada para peserta segera sesuaikan diri dengan lingkungan dan patuhi peraturan yang ada. Untuk para Instruktur, siapkan materi, bimbing peserta agar bisa menjadi anggota Satpam yang disiplin, tanggap dan loyal. Dan jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,”papar Wakapolres.

Sementara Kasat Binmas AKP Didi Sutardi, mengharapkan dengan adanya kegiatan Bintek Satpam ini, para anggota satuan pengamanan dapat menerima materi dengan baik serta dapat mengaplikasikannya dalam keseharian tugasnya.

Kepada Ketua terpilih dan para anggota Satpam mengenai tugas dan tanggung jawabnya sesuai yang diatur dalam sistem manajemen pengamanan, dua hal yang menjadi fokus dalam kegiatan Bintek hari ini, Yakni bagaimana bersikap dan berperilaku sebagai anggota Satpam serta bagaimana mengedepankan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam bertugas,”ujar Kasat Binmas.

Satuan Pengamanan yang dibentuk oleh instansi harus bisa melaksanakan pengamanan fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya, Karena Satpam mengemban fungsi Kepolisian terbatas. Untuk itu setiap anggota Satpam harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya,”tegasnya.

Sementara Ketua Satpam terpilih Iwan Sutiawan yang juga berprofesi sebagai wartawan Hipakad’63.news saat dikonfirmasi awak media mengatakan, di samping turut membantu pihak kepolisian di bidang penegakkan hukum, dalam melaksanakan tugasnya satpam memiliki peranan langsung di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja Polres Pangandaran,”katanya.

Hal itu dapat dilakukan apabila para anggota Satpam yang mengemban fungsi pengamanan dapat menjaga dan menjunjung tinggi kode etik yang diterapkan. Yaitu, kesetiaan, memberikan teladan yang baik, keselamatan dan keamanan, kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab,”pungkasnya. (HIPAKAD63.News)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news