Plt Walikota Tri Adhianto : Puspaga Hadir Membantu Pemerintah Memberdayakan Keluarga, Mengasuh dan Melindungi Anak

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI –

Wiwiek Hargono Tri Adhianto dilantik sebagai Ketua Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Bang Bek dan Mpo Asih oleh Pelaksana tugas(Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, pelantikan berlangsung saat apel gabungan di Plaza Pemkot Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan pengasuhan memegang peranan penting dalam keluarga, hadirnya Puspaga berperan dalam membantu dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk memberdayakan keluarga, mengasuh dan melindungi anak.

Baca JugaHadir Di Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Disabilitas, Plt Ketua TP PKK : Apresiasi Peduli Terhadap Sesama

“Pengasuhan memegang peran yang sangat penting dalam sebuah keluarga dan akan menentukan baik buruknya karakter seorang anak kelak. Puspaga hadir untuk mendukung program pemerintah dalam membantu/memberdayakan keluarga tersebut untuk mengasuh dan melindungi anak. Kondisi saat ini anak berada dalam kondisi rentan dan beresiko mengalami kekerasan, eksploitasi, penelantaran, dan perlakuan salah lainnya. Oleh karena itu, Kemen PPPA telah menyiapkan program unggulan PUSPAGA untuk mengatasi masalah ini,” ujar Tri Adhianto

Ditempat yang sama Wiwiek Hargono Tri Adhianto mengatakan, PUSPAGA sebagai tempat pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesional seperti tenaga konselor, baik psikolog atau sarjana profesi bidang psikologi, Bimbingan Konseling atau Pekerja Sosial yang telah memahami Konvensi Hak Anak, melalui peningkatan kapasitas orang tua/keluarga yang bertanggung jawab terhadap anak dalam mengasuh dan melindungi anak dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah, dan penelantaran. Hal ini merupakan salah satu unsur prioritas dalam pelaksanaan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

“PUSPAGA merupakan bentuk layanan pencegahan di bawah koordinator Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai wujud hadirnya Negara dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program pendidikan/pengasuhan, keterampilan menjadi orangtua, keterampilan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelenggaraan program konseling bagi anak dan keluarga,” jelas Wiwiek

Baca JugaPlt Ketua TP PKK Tinjau Pelaksanaan Layanan KB

Wiwiek sangat berharap hadirnya PUSPAGA di Kota Bekasi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan keluarga untuk mencari solusi supaya terciptanya iklim keluarga yang bahagia.

“Saya sangat berharap PUSPAGA di Kota Bekasi dapat segera dimanfaatkan oleh seluruh  masyarakat dan keluarga yang ingin mencari solusi bagi masalah keluarga sehingga setiap harinya dapat terjamin,” tutup Wiwiek Hargono.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news