PDI-Perjuangan Gelar Giat Webinar Desa Wisata, Dalam Rangka Memperingati Bulan Bung Karno 2021.

Redaksi

Hipakad63.news | Jakarta –

Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno di Tahun 2021 ini dan dalam upaya menggairahkan kembali sektor Pariwisata pasca vaksinasi Covid- 19, DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata ber-inisiatif untuk mengusung tema Desa Wisata dalam mewujudkan kembali gairah pembangunan pedesaan.

Untuk itu, DPP PDI Perjuangan mengadakan kegiatan Webinar Desa Wisata, dengan tema: “Hilirisasi Produk Agro dari Desa Wisata dalam Upaya Penciptaan Kehadiran Ekonomi Masyarakat” pada hari Kamis, 12 Agustus 2021. Demi kembali menggairahkan perekonomian rakyat dibutuhkan berbagai inovasi.

Waras Wasisto Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan yang ikut dalam acara Webinar tersebut mengutarakan Pariwisata diharapkan mampu memberikan dampak yang lebih bermanfaat terhadap pemenuhan kebutuhan ketersediaan pangan secara berdikari kepada masyarakat yaitu melalui praktek desa wisata.

“Terlebih lagi, Desa Wisata juga akan mampu mencegah kerusakan alam dan terhindar dari bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Desa wisata juga akan mampu menjamin pelestarian dan lingkungan alam karena menghasilkan kualitas udara menjadi lebih baik dan segar serta terhindar dari polusi udara. Desa wisata juga akan membuka ruang dalam upaya konservasi budaya, adat istiadat, dan kearifan lokal. Sementara dari aspek ekonomi, desa wisata akan mendorong ekonomi kreatif para UMKM bahkan akan mampu membuka peluang investasi,” terang Waras Wasisto, Kamis (12/8/2021).

Waras yang merupakan sosok Tokoh PDI Perjungan menjelaskan, salah satu inovasi Desa Wisata adalah mengoptimalkan hasil produk lahan pertanian desa yang di-kreasi-kan menjadi produk wisata agro. Hasil dari lahan pertanian tersebut bisa diproduksi menjadi produk pangan, olahan, dan kuliner. Produk pangan, olahan, dan kuliner cenderung harus dipasarkan pada segmen pasar yang tepat, dan melakukan hilirsasi atau pendistribusian agar konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk pangan dan olahan secara cepat.

“Desa merupakan aset yang penting dan mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah dengan dikeluarkannya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang memberikan kewenangan lebih besar kepada masyarakat desa untuk membangun wilayahnya. Pembangunan dan pengembangan merupakan tidak terpisahkan dari perwujudan dan pelaksanaan pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, kesempatan berusaha, dan meningkatkan akses dan layanan publik serta meningkatkan daya saing daerah,” paparnya.

Desa Wisata, sambung Waras, merupakan perpaduan antara desa dan pariwisata. Desa wisata merupakan bentuk penyesuaian antara akomodasi, atraksi, dan fasilitas yang disajikan menyatu dengan kehidupan masyarakat setempat sehingga desa wisata harus memiliki konsep yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

“Kegiatan Webinar Desa Wisata ini diharapkan dapat menggalang semangat dan memberikan pengetahuan tentang inovasi desa wisata, utamanya dalam memproduksi produk pangan, olahan, dan kuliner dari hasil panen lahan desa wisata. Bagaimana memastikan pemasaran-nya dengan tepat, dan bagaimana hilirasisinya menjadi optimal sehingga lahan desa wisata mampu memberikan manfaat kemandirian pangan secara berdikari dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pembangunan dan pengembangan desa wisata. Seperti yang pernah diingatkan oleh Bung Karno bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada Pemberdayaan Desa,” ungkapnya.

Waras Wasisto Wakil Rakyat Tanah Pasundan memiliki Dapil Kota Bekasi – Kota Depok ini menambahkan bahwa Pariwisata yang lumpuh harus menjadi motivasi dan berbenah secara cepat dan solusi terbaik adalah industri umkm hasil daerah yang harus maju menjadi komoditi nasional dan internasional.

“Kesabaran dan kegigihan adalah kunci dalam menghadapi pandemi ini, dan desa sebagai pertahanan negara dalam hal ekonomi bisa jadi leading sektor bekerjasama dengan unicorn situs perbelanjaan yang kita miliki untuk memajukan perekonomian bangsa,” pungkas Waras dengan tegas seraya mengakhiri.