Paskibra Simalungun Dikukuhkan, RHS; Beri Pengaruh Positif ke Generasi Muda Lain

Redaksi

Hipakad63.news | Kabupaten Simalungun –

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, didampingi Wakil Bupati Zonny Waldi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Simalungun tahun 2021. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang di Kabupaten Simalungun.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Balai Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya. Hadir Wakapolres Simalungun Kompol Efianto dan Kasdim 0207 Simalungun Mayor Inf Fransisco Sidauruk, orangtua Paskibra serta undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan, Kamis (12/8/2021).

Pengukuhan Paskibra ditandai dengan pelepasan tanda pelatihan, pemasangan kendit pin oleh Bupati Simalungun kepada dua orang perwakilan Paskibra. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan Ikrar Paskibra sembari memegang bendera merah putih.

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, menjadi paskibra merupakan sebuah kebanggaan sekaligus mengandung makna tanggung jawab yang sangat besar. Menurutnya, eksistensi dari paskibra ini juga merupakan salah satu bentuk wujud pembinaan generasi muda yaitu untuk menggelora-kan semangat kebangsaan, cinta tanah air, bela negara, kepeloporan, dan kepemimpinan, disiplin serta berbudi pekerti luhur.

Ia mengungkapkan, paskibra Kabupaten Simalungun merupakan generasi muda pilihan dari berbagai sekolah yang telah melalui berbagai seleksi ketat dan cermat. Selanjutnya ditempa dengan penuh disiplin dengan esensi pembinaan yang mencakup kepribadian, wawasan kebangsaan, cinta tanah air serta bela negara.

“Kami optimis dengan semangat kebersamaan untuk satu tujuan yang telah ter-bina dan dibina dengan baik selama mengikuti pendidikan dan pelatihan ini, kalian semua diharapkan mampu dan berhasil dalam menjalankan tugas tersebut,” kata Radiapoh.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, didampingi Wakil Bupati Zonny Waldi foto bersama Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Simalungun tahun 2021, bertempat di Balai Harungguan Djabanten Damanik, Kamis (12/8/2021).

Satu hal yang perlu ditanamkan dalam diri paskibra lanjut Radiapoh, bahwa misi paskibra tidak hanya berhenti pada momen upacara HUT peringatan kemerdekaan ini saja. Namun yang lebih utama, jiwa nasionalisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang ter-bina dan tertanam pada diri seorang paskibra.