Kerja Bakti Bersihkan Drainase, Bentuk Kepedulian Warga Terhadap Lingkungan

Hipakad63.news | Pangandaran –

Sejumlah warga di Dusun Anggaraksan Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran kompak melakukan kerja bakti membenahi drainase dari sumbatan guna mengatisipasi banjir saat hujan datang. 11/2021.

Kerja bakti yang digerakkan kepala Dusun Anggaraksan, ini juga membenahi drainase untuk meminimalisasi dampak serangan nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.
Warga pun menyambut antusias kerja bakti, terlihat tidak canggung masuki drainsase hanya untuk membersihkan sampah yang menyumbat, dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan terhindar dari bencana banjir.

Deni Rusmanto, salah satu staf desa Maruyungsari merespons positif adanya kerja bakti tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut untuk menjaga lingkungan tetap sehat dan mengantisipasi banjir.

Gebrakan kepala dusun sangat bagus, kami dari desa dan dari masyarakat sekitar sangat merespons baik, dan akan kami ikuti dengan senang hati. Kalau bukan kita yang melakukan kerja bakti di lingkungan kita sendiri, maka siapa lagi yang akan melakukannya.

Semoga masyarakat yang melakukan kerja bakti mendapatkan amal yang baik dan berharap semoga masyarakat sadar dan selalu menjaga kebersihan-nya, karena kebersihan Itu sebagian dari iman kepada Allah SWT,” ujar Deni ke Hipakad63.news .

Sementara itu, Maman Suparman Ketua Rukun Warga 14 Dusun Anggaraksan mengatakan, kerja bakti itu sebagai bentuk antisipasi datangnya banjir ketika turun hujan deras seperti sekarang ini yg sudah mulai. Sasaran kerja bakti meliputi menormalisasi saluran air, merapikan saluran air limbah lingkungan dan merapikan gorong-gorong yang tersumbat.

“Kerja bakti ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya dan mengantisipasi datangnya banjir,” kata Maman.

Ia menambahkan, pelaksanaan kerja bakti sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang bersih. Karena bagaimana pun masyarakatnya menginginkan lingkungan bersih.

“Kegiatan kerja bakti semacam ini sudah dilakukan secara rutin untuk kepentingan masyarakat sekitar dan lingkungannya. Tapi untuk saat ini sebagai antisipasi datangnya banjir karena sudah memasuki musim hujan dan beberapa penyakit yang menyerang warga sekitar di saat musim hujan tiba,” tandasnya. (Team Hipakad63.news ).