Keren!!! Serang Punya Desa Wisata Terbaik Yang Diresmikan Oleh Sandiago Uno.

Hipakad63.news | Serang Banten –

Siapa sangka Desa Cikolelet di Kabupaten Serang masuk menjadi 50 besar Desa Cinangka yang dekat daerah pesisir Anyer.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi (MenParekraf) Sandiago Uno datang langsung ke desa Cikolelet yang di kenal sebagai perkampungan yang bersih dan aman.

Sandiago Uno tiba di Desa Cikolelet pukul 10.00 WIB dan disambut dengan tarian tradisional sepanjang jalan oleh ibu-ibu yang memainkan musik dengan kentongan. Dengan aksi tarian ibu-ibu yang bermain irama menggunakan lesung atau alat penumbuk padi dari kayu, Sandiaga Uno diajak warga masuk ke kampung kopi.

Kampung ini jadi lumbung pengembangan ekonomi kreatif di desa Cikolelet, disini ada kerajinan rumbia dan kerajinan tangan dari bahan daur ulang yang diolah warga.

Selain itu karena desa yang masuk ke kawasan dekat perkebunan, warga juga membuat aneka makanan ringan tradisional dari buah melinjo ini sering di sebut emping. Ada juga peternakan kambing Etawa yang susu nya di kemas dalam botol untuk di jual.

Aneka produk kreatif warga ini kemudian di kumpulkan dan dijual di Imah Awi. sebuah gerai yang menampilkan produk ekonomi masyarakat Cikolelet.

Wisatawan yang berkunjung ke desa ini bisa langsung membeli produk yang di buat warga, Kenapa tempat nya disebut Imah Awi karena bangunannya terbuat dari atap rumbia dengan bambu sebagai tiang-nya.

Sandiaga Uno lalu meresmikan Desa Cikolelet sebagai salah satu dari 50 Desa Wisata terbaik di-Indonesia.”Dan desa ini dapat berkembang dan sejahtera apalagi banyak potensi dan kegiatan warganya yang kreatif.” tutur nya

“Selamat Desa Cikolelet menembus salah satu  Desa Wisata terbaik di Indonesia, dan saya resmikan Desa Cikolelet sebagai Wisata terbaik” Ucap Sandiago Uno, sabtu(2/10/2021).

Pemilihan Desa Cikolelet sebagai 50 desa wisata terbaik sudah di tentukan oleh pihak Tim dewan juri.

Tim ini bersifat independen dan melihat bagaimana potensi dan pengembangan-nya. Kunci pengembangan desa wisata Cikolelet kedepan adalah ber-inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Sandiaga Uno bertemu dengan salah satu ibu-ibu perajin makanan ringan emping mengatakan, kunci keberhasilan untuk para pelaku ekonomi  adalah inovasi, makanya dari kementerian di berikan bantuan permodalan dan pelatihan agar pelaku usaha yang kreatif dapat berkembang.

Nanti kita buat gerakan bangga produk Indonesia,nanti kita jual di platform e-commerse sehingga nanti masyarakat bukan bangga saja dengan produk Indonesia tapi juga membeli produk dari Desa Cikolelet” Pungkasnya.

Di desa Cikolelet ada tempat Wisata mulai dari puncak Cibaja sebagai tempat perkemahan dengan latar pemandangan rawa danau, dan juga wisata air terjun dan permainan dengan nuansa alam terbuka.