Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama Di Asia Tenggara.

Hipakad63.news | Karawang –

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmikan  pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara dengan meletakkan batu pertama pembangunan, bertempat di kawasan Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9/2021).

Untuk diketahui, pabrik ini akan dibangun dengan nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar dari total nilai investasi mencapai US$ 9,8 miliar antara PT. Industri Baterry Indonesia dan Konsorsium LG asal Korea Selatan. Dan pabrik baterai kendaraan listrik perdana ini akan dikelola oleh PT. HKML Baterry Indonesia.

Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara berada di Kabupaten Karawang.

Untuk pembangunan tahap pertama ini memiliki kapasitas produksi baterai hingga 10 gigawatt hour (GWh) dan akan digunakan untuk kendaraan listrik dari Hyundai.

Dengan dibangunnya pabrik ini, semakin menambah deretan industri besar di Karawang. Karawang menjadi salah satu Kabupaten incaran para investor lokal maupun asing dalam mengembangkan sayap bisnisnya.

Hadir dalam acara meletakkan batu pertama tersebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Pangdam Siliwangi dan Kapolda Jawa Barat, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrrachadiana, Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh SE, serta sejumlah pejabat terkait dilingkungan pemerintah Kabupaten Karawang.