DANDIM 0102/Pidie Hadiri Kegiatan Tanam Pohon Serentak Seluruh Indonesia Dalam Rangka Hari Air Sedunia

Redaksi

hipakad63.news | Pidie – Dalam Rangka mendukung program Pemerintah Pusat yaitu Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Mengantisipasi Krisis Air Global. Dalam Hal ini Pemerintah Daerah Kab. Pidie menyelenggarakan Kegiatan Tanam Pohon Serentak Dalam Rangka Memperingati Hari Air Sedunia bertempat Di Bendungan Rajui Gampong Mesjid Tanjong Kec. Padang Tiji Kab. Pidie Hari Rabu (30/03/2020).

Setiap Tahun Tema Air Sedunia selalu berganti, untuk itu ditunjuk badan PBB yang berkompenten sebagai Kordinator sesuai dengan tema pada tahun ini yang di angkat pada acara Hari Air Sedunia Tahun 2022 yaitu ” Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan”.

Sambutan Menteri PUPR di bacakan oleh Wakil Menteri an. Jhon Wempi Wetipo, SH.MH diantaranya sbb :

Peringatan Hari Air Sedunia untuk menegaskan kembali bahwa tindakan air dan sanitasi adalah kunci untuk pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan kelestarian lingkungan dengan tujuannya adalah merayakan air dan meningkatkan kesadaran lebih dari 2,2 miliar orang yang hidup tanpa akses ke air bersih, Ini tentang sebagai aksi untuk mengatasi krisis air global dan Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yakni air dan sanitasi untuk semua pada tahun 2030.

Lebih lanjut Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo SH.MA membacakan,

Sebagai masyarakat yang harus menyeimbangkan antara kebutuhan dan ketersediaan air, nyatanya masih banyak orang yang tidak mempertimbangkan dalam porsi pemakaian air bagaimana cara kita menghargai air berarti tentang bagaimana air dikelola dan dibagikan nilai air lebih dari sekadar harganya, air memiliki nilai yang sangat besar dan kompleks bagi rumah tangga kita, budaya, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan keutuhan lingkungan alam kita. Jika kita mengabaikan salah satu dari nilai-nilai ini, maka risikonya adalah pengelolaan sumber daya yang salah, padahal jumlah air terbatas dan tak tergantikan.

Masih di tempat yang sama Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd. Jamal Husin mengajak semua komponen masyarakat khususnya masyarakat Kab. Pidie agar bijaklah dalam menggunakan air, karena air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, baik untuk kebutuhan sehari hari kita, Pertanian, Binatang Ternak dll.

Kita selalu harus bersyukur di tempat kita air masih lancar dan cukup tidak seperti di daerah lain yang sampai saat ini mungkin mereka untuk mendapatkan sumber air bersih yang digunakan kebutuhan sehari hari, mereka masih susah.. Ungkapnya..

Di akhir acara rombongan dan para tamu undangan melaksanakan penanaman pohon secara serentak dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 100 batang. berjenis pohon nangka dan mangga.

Penyerahan bibit pohon oleh Kepala BWS Sumatera 1 Bapak an. Heru Setiawan ST, M.Eng kepada para perwakilan Geuchik (Kepala Desa).

Penulis: KartinEditor: H63N