Aksi Diakonia Ketahanan Pangan HKBP Karang Bangun, Bupati Simalungun “Sangat Luar Biasa”.

Benny

Hipakad63.news | Simalungun, Sumut –

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH menghadiri aksi diakonia Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Karang Bangun dalam rangka ketahanan pangan yang dirangkai dengan menabur 2 ribu benih ikan mas di Kampung Samosir, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (25/09/2021).

Kegiatan yang diinisiasi Pdt Joni Sihite tersebut, juga dihadiri Ephorus HKBP, Dr Robinson Butar-butar, pengurus Nadhatul Ulama (NU) maupun GP Ansor, Sekda Pemkab Simalungun, Esron Sinaga dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pardomuan Sijabat.

Bupati menyampaikan apresiasi terhadap apa yang dikerjakan HKBP dalam kaitannya dengan ketahanan pangan melalui pembentukan kolam pemeliharaan ikan, yang terutama dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Nagori Karang Bangun, dan secara keseluruhan Simalungun.

“Saya tidak sangka, jika pekerjaan yang berhubungan dengan ketahanan pangan ini, sangat luar biasa yang dilakukan HKBP bersama masyarakat di sekitarnya. Saya menyambut gembira, karena pekerjaan ini membantu program Pemkab Simalungun dalam meningkat ketahanan pangan,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bantuan 2.000 ekor ikan mas untuk di-kembang-biak-kan di kolam yang sudah dipersiapkan.

Sementara itu, Ephorus HKBP Robinson Butar-butar menyampaikan bahwa apa yang dilaksanakan terkait bagaimana menjaga ketahanan pangan melalui pemeliharaan dan pembibitan ikan, merupakan bentuk dari kerjasama lintas sektoral.

“Dalam pertemuan dengan pimpinan NU, kita sudah menjalin kesepakatan bersama untuk bekerjasama membantu program pemerintah hingga ke tingkat lokal. Inilah yang kita lakukan sekarang, melalui pergerakan yang di-inisiasi Pdt Joni Sihite. Kita juga lihat kehadiran saudara-saudara kita dari NU dan GP Ansor yang sama-sama melihat apa yang dikerjakan saat ini,” kata Ephorus.

Ditegaskan Ephorus, masyarakat dengan para tokoh agama harus membangun kerjasama dalam membangun bangsa ini.

“Jadi, tidak hanya terfokus pada pemerintah saja yang membangun negeri ini, lintas sektoral juga harus digerakkan. HKBP hingga ke seluruh Distrik yang ada, akan melakukan hal yang sama,” katanya.

Acara tersebut diakhiri dengan menabur ikan yang dilakukan secara bersamaan oleh Bupati Simalungun, Ephorus HKBP, dan seluruh undangan yang hadir.