10 Perguruan Tinggi di Indonesia Tandatangani MoA Kerjasama Bidang Ketekniksipilan, Infrastruktur dan Industri Jasa Konstruksi

Foto: Para anggota Tim Sains 10 Perguruan Tinggi bersama Warek I Bid. Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA (tengah) di kampus Universitas Mpu Tantular, Jakarta (16/11/2021)
Foto: Para anggota Tim Sains 10 Perguruan Tinggi bersama Warek I Bid. Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA (tengah) di kampus Universitas Mpu Tantular, Jakarta (16/11/2021)

Hipakad’63News-JAKARTA

Sepuluh perguruan tinggi Swasta dan Negeri di Indonesia, yang menamakan dirinya Tim Sains 10 Perguruan Tinggi, tandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dalam bidang Ketekniksipilan, Infrastruktur dan Industri Jasa Konstruksi (KIIJK), di kampus Universitas Mpu Tantular, Jakarta Timur, Selasa (16/11/2021) sore.

 

Ke sepuluh institusi kerjasama tersebut (berikut nama para penanggungjawab kerjasama masing-masing perguruan tinggi) adalah:

  1. Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, Jawa Barat (Dekan Fakultas Teknik & Sains, Dr. Ir. H. Muhammad Nanang P, M.Sc);
  2. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah (Dekan Fakultas Teknik-Prof. Dr. Eng Suroso, ST., M.Eng);
  3. Universitas Semarang, Jawa Tengah (Dekan Fakultas Teknik-Dr. Nur Qudus, MT., IPM);
  4. Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat (Dekan Fakultas Teknik-Dr. Yosafat Aji Pranata, ST., MT);
  5. Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung, Jawa Barat (Direktur Pasca Sarjana-Dr. Drs. H. Vip Paramarta, MM., CFrA);
  6. Tanri Abeng University, DKI Jakarta (Dekan School of Engineering & Technology-Dr. Nur Afny Catur A, S.Si., M.Sc);
  7. Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal, DKI Jakarta (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi-Apt. Drs. Muhammad Sadikin, MM);
  8. Universitas Mpu Tantular, DKI Jakarta (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)- (Cand). Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, MM., MT., MH., IICD., CST, BFA, CSE);
  9. Universitas Batanghari, Jambi (Dekan Fakultas Teknik-Dr. Ir. Fakhrul Rozi, Yamali, ME);
  10. Universitas Pelita Harapan, Banten (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi-Eric Jobiliong, Ph.D)

Penandatanganan MoA dimaksudkan untuk kerjasama penyelenggaraan Web Seminar Nasional Ketekniksipilan, Infrastruktur dan Industri Jasa Konstruksi (KIIJK) selama dalam setahun ke depan, mulai dari Nopember 2021 hingga tahun 2022. Kerjasama nantinya akan dikembangkan dalam bidang Penelitian dan pengelolaan Pelatihan Penulisan di jurnal Nasional maupun Internasional.

 

Foto: Ketua Pelaksana, Dr. Idi Namara, ST., MT

Ketua Pelaksana Penandatanganan MoA, Dr. Idi Namara, ST., MT dari Universitas Tanri Abeng (Jakarta) dalam laporannya menjelaskan beberapa alasan terbentuknya kelompok sains dan teknologi ini, sekaligus memperkenalkan para penanggungjawab kerjasama dari masing-masing institusi.

 

Sebagai tuan rumah, Dekan Fakultas Teknik Universitas Mpu Tantular, Ir. Retno Indriyati Kusuma W, MM bersama Ketua LPPM, Dr. (Cand). Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, MM., MT., MH., IICD., CST, BFA, CSE, menyambut para partner kerjasama di Ruang Tiopan lantai 7, kampus Bhinneka Tunggal Ika-Universitas Mpu Tantular.

 

Dalam sambutannya, Ir. Retno Indriyati Kusuma W, MM mengatakan, sangat berterimakasih kepada Ketua LPPM, Edison Manurung, yang turut membuka peluang kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dari berbagai provinsi di Indonesia. Retno berharap, kerjasama ini suatu saat dapat dikembangkan ke program studi lainnya dalam bidang teknik.

 

Foto- Warek I Bid. Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si, Ak., CA
Foto- Warek I Bid. Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si, Ak., CA

Sementara itu, Rektor Universitas Mpu Tantular, Prof. Dr. Sukrisno Agoes, SE., Ak., MM., CPA., CA yang sedianya membuka acara secara resmi, diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA mengatakan, sangat menyambut hangat adanya gagasan Tim Sains 10 Perguruan Tinggi ini.

 

“Kami dari Universitas Mpu Tantular sangat menyambut baik adanya gagasan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik Swasta maupun Negeri. Kami berharap, dengan adanya MoA ini, dapat mewujudkan pengembangan bidang sains dan teknik sipil, melalui Webinar-webinar Nasional, maupun dalam berbagai kegiatan ilmiah lainnya,” ujar Bambang dalam sambutannya, Selasa (16/11/2021) di Ruang Tiopan lantai 7, Kampus Bhinneka Tunggal Ika, Universitas Mpu Tantular, Cipinang, Jakarta Timur.

 

Menurut Bambang, ada khikmah yang dapat dipetik dunia pendidikan dari adanya pandemi Covid-19, yang justru memungkinkan banyak pihak tergabung dalam Webinar-webinar yang diselenggarakan secara bersama seperti tujuan MoA ini.

 

Foto: Dekan Fakultas Teknik Universitas Mpu Tantular, Ir. Retno Indriyati Kusuma W, MM

“Disisi lain, dengan adanya Covid-19, ada hikmah yang dapat kita petik, yaitu makin banyaknya kerjasama melalui webinar-webinar semacam ini, dalam rangka tetap mengembangkan keilmiahan kita di perguruan tinggi. Termasuk juga nantinya yang mungkin dilakukan dalam hal penelitian, dan motivasi pelatihan penulisan di jurnal ilmiah Nasional maupun Internasional,” tandasnya.

 

Setelah itu, dilakukan penandatanganan MoA, dari masing-masing perguruan tinggi, oleh para penanggungjawab kerjasama. Diketahui, tanggal 27 Nopember 2021 mendatang, akan mulai diselenggarakan Webinar Nasional perdana, yang akan digawangi atau yang menjadi Host adalah Universitas Ibnu Khaldun Bogor bersama BPN Ataknas, LPJK dan PUPR.

 

Acara yang dipandu MC, Serepina Tiurmaida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom, yang juga Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular berjalan lancar. Acara juga dihadiri, Kaprodi KPNK Fakultas Ekonomi, Danny PH Siagian, SE., MM, Ir. Witardi Gondo Warsito, ST, M.Kom, Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mpu Tantular, dan Siti Silaen Staf BAA. DANS 

Penulis: DANSEditor: Danny Siagian