Visitasi Akreditasi Tim Asesor Ban Paud -Pnf Provinsi Jabar di RA Al-Kautsar Th 2022

HIPAKAD63.NEWS I PANGANDARAN –

Tempat kegiatan belajar mengajar RA Al-Kautsar yang beralamat di RT 27 RW 12 Dusun Anggaraksan Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Selasa, 02/08/2022. Dikunjungi tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN-PAUD PNF) Provinsi Jawa Barat.

Tim asesor diterima langsung oleh Ketua Yayasan Hj. Robi’ah Hermayani S.Pd.Paud. Selain itu turut hadir pengawas RA wilayah Kalipucang Padaherang H. Tatang Hidayat S.Ag M.Pd, Kepala RA Al Kautsar, Kepala Dusun Anggaraksan, Kepala Sekolah, Komite Suherman, Ketua RT, RW dan Para Pendidik di RA AL-KAUTSAR.

Adapun tim Asesor Ban Paud-PNF yang hadir adalah Dr. Rfyal Luthfi MR., M.M.Pd dan Dr. Gunawan Anjar Sukmana, M. M. Pd, dari Provinsi Jawa Barat

Pengawas RA wilayah Kalipucang Padaherang
H. Tatang Hidayat S.Ag M.Pd, mengatakan dampak jika sekolah tidak baik adalah kualitas anak didik. Untuk itu, keberadaan tim penilai satuan pendidikan atau asesor berkualitas wajib dipenuhi,”,katanya.

Anak-anak adalah investasi pertama kita. Makanya, para asesor ini harus bisa menilai dan melihat, jika ini penting ya kita harus menata politik pendidikan yang lebih besar,”jelasnya.

Pola akreditasi PAUD yang mulanya compliance (pemenuhan) kini jadi performance. Ini cara baru yang menarik. Dengan begini PAUD maupun lembaga non formal ini bisa terpantau minimal untuk pendidikan yang sangat dasar ini bisa membentuk karakter,”ungkapnya

Sementara di tempat yang sama tim Asesor Ban Paud Pnf. Dr. Gunawan Anjar Sukmana, M. M. Pd, menyampaikan, semua anak harus dipandang sebagai mutiara dengan potensi istimewa yang berbeda-beda. Kesadaran itu penting dimiliki orang tua dalam mendidik dan mengasuh buah hatinya. Dengan kesadaran tersebut, orang tua atau pendidik pada umumnya tidak akan mudah menstigma anak-anak sebagai anak nakal atau anak bodoh. Sebab, dengan anugerah yang sudah diberikan Tuhan, anak-anak dapat meraih kesuksesan dalam hidupnya,”paparnya.

Lebih lanjut Dr. Gunawan Anjar Sukmana, M. M. Pd, menjelaskan. Dengan potensi kecerdasan yang begitu besar, anak-anak sudah dapat dibiasakan untuk mulai berinisiatif dalam mengenal dan melatih kemampuan dirinya. Anak-anak juga dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, bergaul dengan temannya, baik di lingkungan sekolah maupun kelompok bermainnya, menjelajah tempat baru, bermain, meniru keterampilan atau perilaku tertentu yang baik,”jelasnya

Ia pun berharap visitasi ini bermanfaat untuk menambah kualitas pendidikan di RA AL-KAUTSAR. Karena bukan cuma kualitas, kenyamanan peserta didik juga harus diutamakan. Hal ini hanya bisa didapat jika sarana dan prasarana, teknik mengajar guru maupun kondisi sosiologis sekolah mendukung kegiatan belajar mengajar,”harapnya.

“Kompetensi asesor menjadi bagian yang sangat penting dalam menjamin kualitas pelaksanaan akreditasi agar didapatkan hasil akreditasi yang valid, untuk itu jaminan asesor yang kompeten dan profesional menjadi prasyarat akreditasi dilakukan secara berkualitas.”tegasnya. (HIPAKAD63.NEWS)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news