Agama  

Tradisi dan Kekompakan Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1443 H di Dusun Anggaraksan

Redaksi

Hipakad63.News | Pangandaran –

Bagi umat Islam, Hari Raya Idul Adha adalah hari besar keagamaan yang selalu dinantikan. Waktu yang bertepatan dengan datangnya “musim haji” ini menjadi momen menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama.

Caranya, dengan menyembelih dan membagikan hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba kepada orang-orang yang tidak mampu.

Salah satu lokasi sebagai tempat digelar Sholat Idul Adha 1443 H ada di Masjid Jami Nurul Hikmah Dusun Anggaraksan Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Minggu (10/7/2022).

Sholat Idhul Adha 1443 H di Dusun Anggaraksan ada 3 Lokasi yaitu di Masjid Jami Al Furqon, Masjid Jami Nurul Hikmah dan Musholla Miftahulhuda.

Selepas melaksanakan Sholat dilanjutkan dengan bersalaman, kemudian dengan ucapan syukur jamaah sholat Idhul Adha langsung duduk melingkar untuk berdoa dipimpin oleh pengasuh masjid di lanjut dengan menikmati sodakoh dari peserta qurban.

Ketua panitia qurban di masjid Jami Nurul Hikmah Narjo menyampaikan ke anggotanya untuk melaksanakan persiapan pemotongan hewan qurban,”kata Ketua Panitia.

Penyembelihan hewan qurban pun berlangsung, ada 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing, 1 ekor sapi hasil arisan warga masyarakat komplek masjid atau mushola setempat. Dan di ketiga tempat tersebut masing masing ada sistem arisan,”jelasnya.

Bahkan di Musholla Miftahulhuda sudah berjalan sejak lama,” ungkap Ketua Rukun Warga 12 Maman Suparman saat di temui di lokasi penyembelihan hewan qurban di Musholla Miftahulhuda.

Ketua Rukun Warga berharap kegiatan ini semoga selalu di apresiasi kan oleh warga sekitar Musholla Miftahulhuda, dan akan berjalan sesuai awal musyawarah antara DKM, pengasuh Musholla (Masjid) dan warga masyarakat khususnya Dusun Anggaraksan umumnya Desa Maruyungsari, “jelasnya.

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news