Presiden Jokowi Lantik Perwira Lulusan 2021 di Istana Merdeka, Diikuti Secara Virtual di Masing-masing Markas Akademi

Foto: Presiden Joko Widodo saat pelantikan para perwira TNI dan Polri diikuti para taruna di markas akademi masing-masing secara virtual, Selasa (13/7/2021).YouTube/Sekretariat Presiden

Hipakad’63 News-JAKARTA

Dalam situasi pandemi Covid-19, kesakralan acara pelantikan Perwira TNI dan Polri lulusan tahun 2021, tetap dilaksanakan dengan penggabungan metode on site di halaman Istana Merdeka, dengan link zoom meeting dan livestreaming dari markas masing-masing matras.

 

Pelantikan perwira TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira di Istana Merdeka dan diikuti secara virtual di Akmil, AAU, AAL, dan Akpol itu disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/7/2021). Acara dimulai dengan dikumandangkannya lagu ‘Indonesia Raya’.

 

Dalam kesempatan itu,Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 227 perwira remaja lulusan Akademi Militer, 101 perwira remaja lulusan Akademi Angkatan Laut, dan 91 perwira remaja Akademi Angkatan Udara. Selain itu, dilantik pula 281 perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian.

 

Dari total 700 perwira TNI-Polri yang dilantik, terpilih 4 orang perwira Adhi Makayasa 2021. Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri.

 

Setelah itu dibacakan mengenai surat keputusan presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri. Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah perwakilan perwira TNI-Polri. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai dengan agama masing-masing.

 

“Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji/bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh perwira TNI-Polri.

 

“Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,” lanjut petikan sumpah perwira TNI-Polri.

 

Berikut ini peraih Adhi Makayasa 2021 dari TNI-Polri dimana Adhi Makayasa itu merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan kepolisian yaitu:

  1. Septian Haryono Pasaribu. Adhi Makayasa dari Akademi Militer
  2. Always Giving Hamonangan Tiris. Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut
  3. Abdul Muis. Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara
  4. Hary Indradjati. Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian

 

Dalam amanatnya, Jokowi pun berpesan agar seluruh periwira menjaga persatuan dan kesatuan. Ia tidak ingin ada lagi gesekan antara prajurit TNI dengan anggota Polri.

 

“Antara TNI dan Polri dengan komponen bangsa yang lain harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa,” kata Jokowi.

 

“Lebih khusus lagi, antara anggota dan institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu-membahu dalam menjalankan tugas yang semakin berat,” tuturnya.

 

Jokowi juga berpesan agar seluruh prajurit TNI dan anggota Polri terus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman. Di dunia kemiliteran, terjadi perkembangan yang luar biasa dalam strategi, taktik, doktrin, dan sistem persenjataan. Sementara, di dunia kepolisian, kejahatan digital juga semakin canggih.

 

Oleh karenanya, dibutuhkan SDM-SDM yang cepat, cerdas, tepat, profesional serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

“Sekali lagi, ada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada mental dan karakter yang tangguh, yang tanggap, cepat, dan cerdas, ada karakter kebangsaan yang kokoh menjaga NKRI dan menjaga Pancasila sejati,” kata Jokowi.

 

Presiden juga ingin seluruh anggota TNI-Polri memegang teguh kode etik serta senantiasa menjaga toleransi.

 

“Tanggung jawab sangat besar saudara-saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi dari luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antara anak bangsa,” kata dia.

 

Usai memberi amanat, Presiden berkenan menyaksikan persembahan yel-yel dari masing-masing taruna Akmil, AAL, AAU dan Akpol yang cukup meriah, yang disaksikan lewat layar besar yang telah disiapkan sebelumnya di pelataran acara. Para Taruna itu beraksi dari masing-masing markas akademinya di berbagai daerah.

 

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada para penerima Adimakayasa dan perwira lulusan lainnya yang hadir dalam bentuk salam di depan dada.

 

Acara pelantikan juga dihadiri Panglima TNI, Kapolri, KASAD, KSAL, KSAU dan beberapa menteri Kabinet Maju lainnya. Hadir juga para orangtua para perwira yang dilantik, dan acara berlangsung dengan prokes yang ketat. DANS