Pemkot Bekasi Laporkan Hasil Vaksinasi Melalui Aplikasi Si Satu Data Vaksinasi Covid-19 atau Pcare

Hipakad63.news | Kota Bekasi-

Pemerintah Kota Bekasi melaksanakan Program Vaksinasi hingga 9 Agustus 2021 ter-data sebanyak 719.502 dosis vaksin. Dari target vaksinasi di Kota Bekasi 2.016.006 juta penduduk, sebanyak 505.300 orang telah di vaksin dosis pertama atau 25.06 %, 214.198 telah di vaksin hingga dosis kedua atau 10.62%.

Pelaporan Program vaksinasi ini juga telah sesuai dengan petunjuk dan pedoman Pencatatan dan Pelaporan Vaksinasi Covid-19 berdasarkan arahan Subdit Imunisasi, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 baik secara rutin maupun massal dan di input melalui aplikasi P-Care (Si Satu Data Vaksinasi Covid-19) yang disediakan oleh Pemerintah Pusat sebagai laporan dan untuk mendapatkan sertifikat Vaksin.

Data tersebut diproses secara otomatis hingga tingkat pusat. Sistem dashboard tingkat pusat akan melakukan rekapitulasi perhitungan hasil layanan.

Pemkot Bekasi juga telah membekali petugas kesehatan dengan pemahaman mengenai pencatatan dan pelaporan vaksinasi Covid-19. Tujuan pencatatan yakni sebagai dokumentasi proses layanan vaksinasi, dokumentasi hasil kegiatan (cakupan, penggunaan vaksin dan logistik) dan bahan untuk analisa dan pemberian umpan balik.

Info grafik hasil pengolahan data yang di input tersebut dapat diakses oleh fasilitas pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Kementerian Kesehatan serta dapat di unduh dan dicetak sebagai laporan kegiatan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan.

Sumber: PPID Dinkes Kota Bekasi