Partangiangan 13 Oktober Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere Berjalan Sukses dan Penuh Sukacita

Redaksi

HIPAKAD63.News | BEKASI,-

Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere yang  dilaksanakan setiap tahun  pada tanggal 13 Oktober. Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere se-Bekasi Raya melaksanakan partangiangan (Doa Bersama) bertempat di Balai Pertemuan Gorga 3 Jatimulya Pondok Timur, berjalan dengan sukses dan penuh suka cita.

Acara diawali dengan kebaktian bersama, penuh dengan hikmat dengan Tema “Sai Jagaon ni Jahowa do tondim sian nasa parmaraan” Amsal 121 : 7 (TUHAN akan melindungi engkau dari mara bahaya, Ia menjaga engkau supaya hidupmu selamat)

Usai Kebaktian hadirin menyanyikan lagu Mars Nababan “ Tubu di tano Tipang” setelah itu dilanjukan dengan sambutan-sambutan. Partangiangan 13 Oktober Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere dihadiri kurang lebih 1200 orang.

Afrikson Nababan selaku Ketua Panitia Pelaksana yang juga sebagai Ketua Sektor Cilengsi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus BPH Pusat Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere Bekasi Raya, juga kepada seluruh panitia termasuk ketua-ketua sektor dari sektor 1 sampai dengan sektor 18 yang telah bekerja sama dalam mensukseskan Partangiangan 13 Oktober.

“Tiga tahun lalu pada partangiangan 13 Oktober 2019 saya hadir dan duduk di belakang dikiri podium ini. Pada saat itu didalam hati saya mengatakan suatu saat saya akan berdiri dipodium seraya memohon kepada Tuhan, hal itu nyata pada hari ini saya berdiri dipodium memberikan sambutan sebagai Ketua Panitia Partangiangan 13 oktober Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere se-Bekasi Raya” ucap Aftikson.

Ditempat yang sama Hasintongan Nababan  Ketua Umum BPH Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere se-Bekasi Raya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras panitia sehingga partangiangan ini dapat berjalan dengan sukses dan penuh suka cita.

“Sudah dua tahun kita tidak melaksanakan partangiangan secara Bersama karena dilanda pandemic Covid19. Puji Tuhan Pomparan Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere dapat melaluinya, dan saat ini kita dapat berdoa Bersama untuk mengucap syukur kepada Tuhan yang setiap tahun di tanggal 13 oktober” ucap Ketua Umum.

“Sehingga pada saat ini pomparan (keturunan) Borsak Mangatasi Nababan/Boru/Bere yang menyelesaikan studi D3,Strata I sebanyak 50 orang dan S2 (Magister) sebanyak 2 orang yang akan di berikan Ulos  sebagai ucapan syukur atas berkat dari Tuhan atas kemajuan dan keberhasilan keturunan marga Nababan menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1) dan S2” pungkas Hasintongan Nababan

Sekilas sejarah tentang Partangiangan (Berdoa-red) 13 Oktober Borsak Mangatasi Nababan (Marga Nababan-red), tanah kelahiran nya di daerah Tipang Tapanuli Utara dan berkembang sampai ke daerah Humbang.

Sebelum tahun 1955 tahun demi tahun bahkan sampai puluhan tahun keturunan Marga Nababan pada saat itu tidak satupun yang berhasil selalu patah ditengah jalan.

Berangkat dari itu natua-tua (para orang tua-red) marga Nababan yang berketepatan bertemu di bulan Maret 1955 pada pekan pasar (Selasa-red) di Siborong-borong (Onan Parsingguran).

Natua-tua marga Nababan menyampaikan kegelisahannya, kenapa keturunan marga Nababan tidak ada yang berhasil dan kalupun ada yang berhasil bisa  dihitung dengan jari pada saat itu. Hasil pembicaraan para orang tua bersepakat dan sehati menetapkan pada tanggal 13 0ktober 1955 untuk mengelar doa bersama seluruh marga Nababan/boru/bere tepatnya di Siborong-borong, untuk memohon pengampunan dosa dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan berkat kepada keturunan marga Nababan.

Ke-67 tahun Partangiangan 13 oktober dilaksanakan oleh seluruh Marga Nababan dimanapun berada baik secara bersama-sama maupun perorangan untuk mengucap syukur atas berkat yang Tuhan berikan, dan banyak kemajuan yang dirasakan marga Nababan setelah melaksanakan doa bersama sejak dari tahun 1955 sampai saat ini oleh keturunan Marga Nababan.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news