Lapas Kelas IIA Purwokerto Tandatangani PKS dengan Disnakerkop dan UMKM Kabupaten Banyumas

HIPAKAD63.News | PURWOKERTO –

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Lapas Purwokerto dengan Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas tentang pemasaran hasil karya warga binaan di Galeri Nawasena Karya, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas tentang pelatihan budidaya ayam petelur, UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Banyumas tentang pelatihan las listrik, serta PT. Devitha Jaya Sejahtera tentang pembesaran ikan gurame (Budidaya Ikan), pada Senin (13/02/2023)

Turut Hadir Kepala Lapas Kelas ll A Purwokerto Bayu Irsahara, Amd. I. P., S. Sos., M. Si., Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab. Banyumas Drs. Wahyu Dewanto, M.Si., Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kab. Banyumas Ir. Sulistiono, M. Si., Direktur utama PT. Devitha jaya Sejahtera Waluyo Sugiarto beserta team, Pejabat struktural lapas Kelas llA Purwokerto, Kep. UPTD BLK Kab. Banyumas, dan seluruh tamu undangan.

Dalam sambutannya Kepala Lapas Kelas ll A Purwokerto Bayu Irsahara, Amd. I. P., S. Sos., M. Si. Mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah atau dinas terkait dan pihak swasta atas terselenggaranya kerja sama dan berharap semua kegiatan kemandirian bisa bermanfaat bagi warga binaan, sebagai bekal keterampilan yang dapat diimplementasikan di masyarakat ketika selesai menjalani pidana,”ucapnya.

Ditanya tentang pembesaran ikan gurame (Budidaya Ikan), Kepada Hipakad63news Bayu Irsahara mengatakan, semoga kerjasama di bidang perikanan kedepan akan lebih baik lagi dan tentunya kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas Drs. Wahyu Dewanto, M.Si dalam sambutannya Menyampaikan bahwa di Disnakerkop UKM memiliki galeri Nawasena yang pandu oleh Doktor ahli. Dan dengan kerjasama ini ada beberapa jenis pelatihan, diantaranya konveksi., las, garmen dan yang lainnya dengan harapan nantinya hasil karya warga binaan bisa di pamerkan dan bisa membantu warga binaan yang ada di lapas ini,”paparnya.

Lain halnya dengan Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Ir. Sulistiiono, M.Si. Menyampaikan Usaha di bidang perikanan dan peternakan serta unggas ini tidak rumit asal kita mencintai, tekun dan rajin dengan apa yg kita pelihara, akan menghasilkan yg lebih baik. Di lapas ini dengan praktek akan ada seleksi tersendiri dan akan bagus untuk usaha. Karena belajar sambil praktek akan lebih cepat memahami. Dengan harapan punya lokasi dan mencintai suatu bidang usaha dan banyak diskusi akan menghasilkan produksi yang baik dan hewan piaraan kita akan nyaman,”ujarnya.

Selepas kegiatan, Kepala Lapas Kelas ll A Purwokerto mengajak Kepala Dinas dan PT. Devitha Jaya Sejahtera untuk melihat Pembinaan Kemandirian di Bengkel Bimker Lapas Purwokerto.

Di bidang perikanan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Purwokerto memanen hasil budidaya ikan gurame di area perikanan dan pertanian Lapas Purwokerto. Kegiatan panen ikan gurame ini merupakan hasil kerjasama antara Lapas Purwokerto dengan PT. Devitha Jaya Sejahtera yang ditandatangani pada 25 Agustus 2022 lalu.

Direktur Utama PT. Devitha Jaya Sejahtera Waluyo memantau secara langsung kegiatan panen tersebut.
“Kami menebar 10.000 ekor benih pada bulan September 2022, dan pada hari ini bulan Februari 2023, kita panen cukup banyak dengan 4 (empat) ukuran variatif, Ikan gurame langsung disortir oleh pihak ketiga kerjasama dengan warga binaan lapas, 80% di tabur kembali ke 2 kolam yang baru dengan ukuran kolam 5×10 untuk lanjutan UKT pembesaran konsumsi dan 20% yang masih kecil di bawa PT. Devitha Jaya Sejahtera (pihak ke 3) untuk dibesarkan di tempat yang baru, sementara yang masih tersisa di dalam kolam karena waktu keburu malam nantinya akan di angkat dan bersih kan di kuras airnya diganti air baru dan di tabur benih lagi dengan perjanjian baru.” ungkap Waluyo.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news

Exit mobile version