Kodim Pidie Selenggarakan Kegiatan Pembinaan UMKM Petani Bawang Merah

Redaksi

Hipakad63.news | Pidie –

Kodim 0102/Pidie bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie dan Bank Aceh Cabang Sigli menyelenggarakan kegiatan Pembinaan UMKM Petani Bawang merah, bertempat di Aula Makodim 0102/Pidie, jln. Prof. A. Majid Ibrahim Gampong Lampuedue Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Rabu (02/03/2022).

Hadir dalam kegiatan Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha SE. M.I.P, Direktur Bank Aceh Cabang Sigli Tarmizi, Pasi Ter Kodim 0102/Pidie Kapten Kav. Ilham P. Siregar, Kadis Pertanian diwakili Kabid produksi dan ketahan pangan Kab. Pidie di wakili Iskandar, S.P, Para staf Bank Aceh cabang Sigli, serta masyarakat kelompok petani bawang Merah Kab. Pidie.

Dalam sambutannya, Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha SE. M.I.P, menjelaskan bahwa. Ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat, begitu juga hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia.” Jelasnya.

Selain itu, Dandim juga mengajak seluruh masyarakat untuk merubah tumpuan konsusmsi menjadi produksi, dan meningkatkan upaya-upaya industrialisasi skala kecil bisa tumbuh di wilayah, yang akan merubah produk wilayah dari barang mentah ke setengah jadi setidaknya. Kita harus mengirim minimal barang setengah jadi, guna mencapai nilai tambah, sehingga lapangan pekerjaan bagi masyarakat akan semakin luas.” Terangnya.

Menurut Dandim, Pengalaman telah membuktikan kepada kita bahwa gangguan pada ketahanan pangan seperti meroket nya kenaikan harga beras pada saat krisis ekonomi pada tahun 1997 – 1998, yang berkembang menjadi krisis multidimensi, telah memicu kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.” Ungkapnya.

Sementara Tarmizi selaku Direktur Bank Aceh Cabang Sigli dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0102/Pidie yang telah melibatkan Bank Aceh cabang Sigli dalam kegiatan pembinaan UMKM petani bawang merah di bawah binaan Kodim 0102/Pidie.

Dirinya berharap kepada masyarakat kelompok Tani Bawang Merah binaan Kodim 0102/Pidie yang telah hadir pada hari ini bisa mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan agar kedepan bisa meningkatkan produktivitas bawang merah di wilayah Kabupaten Pidie.” Pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan juga Penyerahan Souvenir secara Simbolis oleh Dandim 0102/Pidie kepada masyarakat, sekaligus pemberian materi tentang Budidaya bawang merah oleh Dinas Pertanian dan materi peranan Bank Aceh dalam pemberdayaan UMKM yang disampaikan oleh Rizaldi Hadi staf Bank Aceh cabang Sigli. (Hipakad63.News)