Dengan Sagu, Kemiskinan Pasti Berlalu

Halim pun berbangga, ikut terlibat menghadirkan pabrik sagu terbaik di tanah Papua. “Semua kami bikin terbaik. Bangunan sangat kuat, mulai dari dinding sampai lantai beton. Boleh diuji. Saya tidak peduli kalau toh harus nombok, karena memang over budget. Saya harus bikin yang terbaik, sesuai janji saya ke pak Doni,”

Redaksi

Ada Uang di Dusun Sagu

Dalam kesempatan itu, ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay sebagai penghibah lahan berharap kehadiran pabrik sagu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui BNPB, sewaktu pak Doni Monardo menjadi Kepala. Dengan hadirnya pabrik sagu ini, para pemuda jangan lagi luntang-lantung ke kota tanpa pekerjaan. Mereka bisa lebih produktif dengan mengolah sagu. Pabrik ini siap menampung,” kata Yanto.

Menurut Yanto, sejak pabrik itu dibangun akhir tahun 2019, sudah banyak warga yang bertanya kapan bisa setor sagu. “Saya yakin, kehadiran pabrik ini bisa mengembalikan masyarakat ke dusun sagu. Di dusun sagu ada uang,” ujar putra mendiang Theys Eluay itu.

Binter Kodam

Sementara itu, Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa tak kalah antusias menyambut hadirnya pabrik sagu Sentani. “Kodam bertanggung jawab melakukan pembinaan teritorial, salah satunya melalui aspek ketahanan pangan. Karena itu, kita siap mendukung program sagu di Papua,” ujar panglima asal Ternate, Maluku Utara itu.

Bentuk nyata kesiapan Kodam Cendrawasih adalah, pengerahan alat-alat berat jika dibutuhkan untuk kepentingan produksi (panen), pembukaan lahan, dan sebagainya. Kegiatan itu bisa dikerjakan Zidam (Zeni Kodam) Cendrawasih. “Di samping dukungan lain, demi beroperasinya pabrik sagu yang sudah sangat dinanti masyarakat ini,” tambah lulusan Akmil 1991 itu.

Pangdam Saleh yakin, kehadiran pabrik sagu Sentani bisa menjadi solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Di samping, tentu saja, program penghijauan atau reforestasi pegunungan Cyplops.

Ke depan, pabrik sagu yang telah dihibahkan BNPB kepada BPBD (Pemerintah Daerah) Kabupaten Jayapura, bisa segera dioperasikan. Mengutip pernyataan Doni Monardo sebelumnya, Pangdam akan mendukung terciptanya kolaborasi, baik dari unsur pemerintah, pengusaha, masyarakat, akademisi, dan media demi beroperasinya pabrik pengolah sagu Sentani.