Datangi SMKN 9 Kota Bekasi, Tri Adhianto: Tanamkan Selalu 4 Pilar Kebanggsaan di Diri Masing-Masing

Redaksi

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI –

Mengawali kegiatan di hari Rabu pagi (18/01), Plt. Wali Kota Bekasi lakukan kunjungan ke SMK Negeri 9 Kota Bekasi, dalam kunjungan tersebut, Plt. Wali Kota Bekasi sampaikan Sosialisasi sekaligus edukasi mengenai Wawasan Kebangsaan dengan harapan dapat menumbuhkan dan meningkatkan sikap nasionalisme para siswa/siswi.

Hadir mendampingi Tri Adhianto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Uu Saiful Mikdar, Camat Bekasi Selatan, Karya Sukmajaya, dan Lurah Jakamulya, Baharudin serta hadir juga unsur Polsek Bekasi Selatan.

Baca JugaPlt Walikota Bekasi Berikan Materi Wawasan Kebangsaan

Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan tersebut sudah rutin dilakukan Tri Adhianto semenjak akhir tahun 2022 dengan mengunjungi berbagai SMP/SMA/SMK yang ada di Kota Bekasi dan masih akan terus berlangsung setiap dua kali seminggu.

Adapun materi utama Wawasan Kebangsaan yang disampaikan Tri Adhianto adalah terkait 4 Pilar Kebangsaan yang harus dipahami dan diamalkan oleh para siswa/siswi.

 

“Saya berpesan kepada adik-adik semua sebagai generasi penerus bangsa, haruslah memiliki sikap cinta dan bangga sebagai Warga Negara Indonesia, dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Tri di hadapan siswa/siswi SMKN 9.

4 Pilar Kebangsaan harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan setiap masyarakat agar mampu berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara dilandasi cinta tanah air.

“Pancasila adalah dasar Negara yang setiap butir pada sila-silanya harus diterapkan. UUD 1945 memiliki kedudukan tertinggi sebagai landasan serta sumber tata tertib hukum di Indonesia. Kedua Pilar tersebut merupakan acuan adanya NKRI yang harus kita pertahankan kesatuannya di dalam suatu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu, itulah Indonesia,” imbuh Tri.

Baca JugaPlt Walikota Bekasi Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di SMKN 5

Terkait cara mengamalkan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan, Tri pun menambahkan, “caranya bisa dimulai dari lingkungan dekat kalian terlebih dahulu, dengan tidak membeda-bedakan teman apapun suku, ras, atau agamanya. Lalu bisa juga dengan menerapkan cinta dengan kebudayaan tradisional Indonesia, salah satunya bisa dengan bangga memakai Kebaya Encim, baju adat Betawi, dan tentunya diiringi juga dengan bersikap santun, rajin belajar, dan rajin beribadah agar lebih mampu menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Tri.

Acara sosialisasi ditutup dengan Tri Adhianto menghampiri para siswa/siswi serta para guru SMKN 9 untuk bercengkrama dan berfoto bersama.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news