Diskominfo Kab.Cirebon Kunjungi Humas Kota Bekasi

“Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik dan Media, Diskominfo Kabupaten Cirebon kunjungi Humas Kota Bekasi”.

Hipakad63.news | Kota Bekasi –

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon melaksanakan kunjungan kerja ke Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bekasi. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan media. Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan di Ruang Kerja Kepala Bagian Humas pada Selasa, 7 Desember 2021.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Cirebon Kartikasari hadir bersama para kepala seksi dan staf pelaksana. Mereka diterima oleh Kepala Bagian Humas Sajekti Rubiyah beserta para kepala sub bagian (Kasubbag) pada Bagian Humas.

Kunjungan kerja membahas tugas dan fungsi Humas Setda Kota Bekasi dalam ruang lingkup kerja sama advetorial penyebarluasan informasi Pemerintah Kota Bekasi, lalu tugas dan fungsi Humas Setda Kota Bekasi selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Kota Bekasi. Selain itu, juga mendiskusikan sistem penerimaan kunjungan kerja dari luar daerah ke Kota Bekasi, yang juga merupakan tugas dan fungsi Humas Setda Kota Bekasi.

Sajekti mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai media baik skala lokal maupun nasional dalam bentuk advetorial penyebarluasan informasi.

“Kami bekerja sama dengan berbagai media yang terbagi dalam berbagai skala, skala nasional dan lokal (lokal Jawa Barat dan lokal Kota Bekasi), baik media cetak dan media online. Adapun bahan-bahan untuk media-media tersebut adalah dengan menaikkan press release yang merupakan hasil peliputan dari tim peliput Humas Kota Bekasi. Hasil liputan biasanya terkait program-program Pemkot Bekasi, aktivitas Kepala dan Wakil Kepala Daerah, dan sebagainya yang tentunya berisikan informasi positif, lugas, sahih, dan terpercaya,” jelasnya.

Mengenai PPID Utama, Sajekti menambahkan, pada tanggal 6 Desember 2021 kemarin, Bagian Humas baru saja menerima penghargaan sebagai Badan Publik Informatif Kategori Badan Publik Pemerintah Kota/Kabupaten Se-Jawa Barat dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Aula Barat Gedung Sate, Bandung.

“PPID Utama lakukan, yakni dengan monitoring dan evaluasi penerapan keterbukaan informasi publik pada PPID pembantu melalui 3 kategori, yakni Pelayanan PPID Pembantu, Pengelolaan Pengaduan Publik, dan Pengelolaan Media Sosial Perangkat Daerah, serta telah dibentuknya sub unit PPID pembantu di lingkup PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Bekasi,” tambahnya.

Dia melanjutkan, “Selain itu, kami pun juga membidangi perihal kunjungan kerja daerah lain ke Kota Bekasi. Segala penerimaan kunjungan kerja tentunya melalui Bagian Humas terlebih dahulu dan kami akan menindaklanjuti dengan memfasilitasi kebutuhan pendukung kunjungan kerja.”

Kartikasari mengaku belajar banyak dari kunjungan kerja hari ini. Pengetahuan yang didapat nantinya dapat diterapkan di instansi-nya terutama terkait komunikasi publik, media, dan penerapan PPID.

“Terima kasih atas penerimaannya yang begitu luar biasa. Kami salut atas segala pencapaian Humas Setda Kota Bekasi, apalagi baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik Informatif, tentunya merupakan daya tarik kenapa kami berkunjung ke sini. Apalagi terkait penyebarluasan informasi, bahwasanya warga harus melek informasi tentang pemerintahnya, maka dari itu kita semua sebagai agen informasi perlu untuk melakukan penyebarluasan informasi sebanyak-banyaknya dan merata,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Sajekti menyampaikan, “Semoga kunjungan kerja yang sifatnya saling sharing hari ini bermanfaat bagi rekan-rekan Diskominfo Kabupaten Cirebon. Sukses selalu dan tetap semangat!”