Anggota DPRD Fraksi PDIP, dr. Janet Aprilia Stanzah Tampung Aspirasi DPC Ormas LMPI Kota Bekasi

Hipakad63.news | Kota Bekasi –

Selain mempunyai tugas dan wewenang Membentuk Peraturan Daerah bersama-sama Wali Kota, Membahas dan memberikan persetujuan rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang diajukan oleh Wali Kota, Melaksanakan Pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD, Anggota DPRD juga memiliki kewajiban menampung aspirasi masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Anggota DPRD Kota Bekasi Fraksi PDI Perjuangan, dr. Janet Aprilia Stanzah dimana dirinya menampung aspirasi dari Organisasi Masyarakat Laskar Merah Putih Indonesia (Ormas LMPI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Bekasi, Jawa Barat.

dr. Janet menjelaskan, pertemuan ini sebagai bentuk komunikasi dengan warga untuk menampung aspirasi masyarakat. Sebab, menampung aspirasi itu juga merupakan kewajiban Anggota DPRD untuk menyerap dan menindak-lanjuti guna memberikan pertanggungjawaban moral juga politis kepada masyarakat sebagai perwujudan Perwakilan Rakyat dalam Pemerintahan.

“Dengan adanya pertemuan ini aspirasi masyarakat dapat kita dengar secara langsung. Baik informasi, kritik yang membangun maupun saran dari masyarakat secara komprehensif dapat ter-sampaikan langsung dan kami dapatkan,” terang Anggota Komisi III tersebut saat ditemui disela-sela acara yang berlangsung di wilayah Rama Plaza, Pondok Gede, Kota Bekasi, Sabtu (21/8/2021) kemarin.

Kita itu kan Perwakilan Rakyat, sambung dr. Janet, banyak sekali Golongannya, Suku Bangsanya, Organisasi-nya, pandangan politiknya, kami selaku Anggota Legislatif tidak boleh membedakan warna maupun golongannya.

“Ormas ini-kan merupakan bagian dari masyarakat yang harus kita arahkan dan juga ber-dayakan, entah dari Sumber Daya Manusia (SDM), lapangan pekerjaan yang intinya kesejahteraan. Mereka ber-organisasi istilahnya tujuannya apa sih yang menjadi fashion-nya nah mereka menemukan di Organisasi Masyarakat Laskar Merah Putih Indonesia. Nah kedepan tinggal kita arahkan apa sih ketrampilan-nya, apa sih keahlian-nya, yang membuat mereka bisa lebih terarah didalam kehidupan ber-sosial, bernegara dan bermasyarakat, tidak lagi menjadi seorang preman,” terang Janet.

Dirinya pun berharap agar Ormas-ormas yang ada yang merupakan bagian dari masyarakat kita ber-dayakan sehingga Anggota dari Ormas-ormas tersebut secara perekonomian-nya lebih mapan. Setidaknya dapat berguna buat masyarakat yang lainnya.

“Kalau Organisasi Masyarakat ini adalah Organisasi dimana kita ingin dapat ber-sosialisasi dengan masyarakat dan ber-sinergi dengan Pemerintah. Sebuah wadah untuk berekspresi, ber-kreasi, ber-inovasi, sehingga akhirnya mereka berprestasi,” pungkas Janet.

Ditempat yang sama, Ketua DPC LMPI Kota Bekasi, Yani B. Resmol mengaku sangat respon kami sangat positif sekali dengan adanya pertemuan ini bersama salah satu Wakil Rakyat kita.

“Ini awal pertama kita melangkah dalam ber-organisasi. Saya sendiri baru di angkat jadi Ketua DPC LMPI Kota Bekasi dan ini baru memulai jalan ber-organisasi. Jadi, kita masih banyak butuh dukungan dari teman-teman dari berbagai pihak semua. Jadi, dengan adanya dr. Janet ini merupakan sebuah pintu untuk kita menjalankan organisasi ditengah-tengah masyarakat. Kegunaan organisasi di masyarakat itu seperti apa,” terang Yani B. Resmol.

Saat ini, sambung Yani B. Resmol, banyak orang-orang yang coba bergabung dengan organisasi masyarakat tapi tidak mengerti arti ormas itu seperti apa. Mereka masih banyak yang menyalahkan gunakan organisasi tersebut.

“Jadi, kita berharap dengan bergabung-nya kita didalam wadah organisasi ini dan hadirnya dr. Janet kedepan-nya itu kita bisa lebih aktif lagi membantu masyarakat dan dapat ber-sinergi dengan Pemerintah Daerah,” papar Yani.

Kedepan-nya nanti, lanjut Yani, kita bisa liat peluang-peluang apa untuk kita bisa membangun Sumber Daya Manusia terutama di Kota Bekasi ini agar lebih baik lagi, apa yang perlu kita perhatikan kita perhatikan, apa yang harus dibenahi kita benahi.

“Mungkin Pemerintah tidak bisa terlihat, tapi kita Ormas yang ada di jalanan dan dilingkungan masyarakat kita dapat melihat dan kita bisa merekomendasikan perihal itu ke Pemerintah, mungkin bisa lewat dr. Janet agar aspirasi suara masyarakat itu bisa sampai ke Pemerintah dan dapat diperhatikan. Kita berharap kedepan, atas penyertaan Tuhan semua bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Yani B. Resmol menjelaskan, karena saya baru dilantik saat ini kita baru memiliki dua Pimpinan Anak Cabang (PAC), yakni PAC Pondok Gede dan PAC Jatiasih. Tapi secepatnya kita akan memiliki PAC di 12 Kecamatan yang ada di wilayah Kota Bekasi ini. Kita melangkah pelan tapi pasti.

“Dalam sebuah aksi sosial kita sudah berjalan, seperti kemarin itu ada musibah bencana banjir, dana yang kita kumpulkan dari setiap para Anggota untuk kita beli Sembako, seperti beras dan kita salurkan ke warga yang membutuhkan. Kemarin, demi memeriahkan hari lahir Indonesia, kita bikin acara 17 Agustus an. Dan disini juga kita membangun Panti Asuhan. Jadi kedepan, progres kita untuk melayani masyarakat itu harus lebih intens lagi,” ungkapnya.

Yani B. Resmol pun berharap hadirnya wadah LMPI ini kedepan-nya tidak mengenalkan/mengandalkan kekuatan siapa dengan kekuatan siapa tapi dari kita yang memiliki kekuatan Rakyat kecil ini bisa bermanfaat buat masyarakat dan juga Pemerintah.

“Karena dengan adanya kekuatan Rakyat kecil ini adalah merekalah yang mendukung kita, kita harus maju dan kita juga harus timbal balik untuk mendukung mereka. Yang pasti, Laskar Merah Putih Indonesia selalu siap untuk bersinergi dengan Pemerintah bahkan dengan Ormas-ormas yang lain pun juga Elemen Masyarakat kami siap. Itu sudah menjadi sebuah Kewajiban, kalau kita tidak bisa bersinergi apa yang harus kita perbuat. Jadi, kita harus bersinergi agar Visi dan Misi bisa berjalan dengan lancar. Jangan ada kotak-kotak diantara kita agar masyarakat itu bisa senang dan nyaman. Kita harus berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.