Ribuan Kader HMI Siap Jemput Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum merupakan eks Ketua Umum Pengurus Besar HMI yang selesai menjabat pada tahun 1999.

Redaksi

HIPAKAD63.News | BANDUNG,-

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badan Koordinasi Jawa Barat menyatakan telah mempersiapkan untuk rencana penjemputan eks Ketua Umum Pengurus Besar HMI, Anas Urbaningrum di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, 10 April mendatang.

Diketahui bahwa Anas Urbaningrum ialah seorang politikus Partai Demokrat yang lahir di Blitar, 15 Juli 1969. Ia merupakan lulusan sarjana Ilmu Politik Universitas Airlangga dan melanjutkan studi Magister Sains Ilmu Politik UI, serta menyelesaikan studi doktor di bidang Ilmu Politik di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Anas Urbaningrum merupakan eks Ketua Umum Pengurus Besar HMI yang selesai menjabat pada tahun 1999. Ia ditetapkan sebagai tersangka dan dipenjara karena disebut melanggar Pasal 12 Huruf a atau Huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU No 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Atas dakwaan tersebut, ia divonis hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider kurungan 3 bulan dan akan berakhir pada bulan April tahun 2023 ini.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Kunrat Kasmiri, menyatakan Anas bebas pada 9 April besok. Ia pun mengkonfirmasi pada awak media untuk permintaan Anas dalam proses pembebasannya digelar sore hari (1/4/2023).

Prosesi pembebasan Anas Urbaningrum tersebut akan dilakukan penjemputan oleh kader-kader HMI. Mereka berencana akan menggelar buka puasa bersama dan ngobrol bersama Ketua Umum PB HMI 1997-1999 itu.

Firman Nasution, Ketua Umum Badko HMI Jawa Barat membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasi di Sekretariat HMI Jabar di Jalan Sabang 17, Kota Bandung.

“Kami sudah mempersiapkan untuk rencana penjemputan bang Anas dan akan menggelar buka puasa bersama nanti” terang Firman, Jumat (31/03) kemarin.

Masih di hari yang sama, Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan HMI Badko Jawa Barat, Oki Reval menjelaskan bahwa ia sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk rencana penjemputan yang akan diikuti ribuan orang tersebut.

“Tidak kurang dari 2000 orang nanti akan ikut penjemputan (Anas). Sehingga kami telah berkoordinasi kepada beberapa pihak dan mempersiapkannya secara matang termasuk keamanan dalam rangkaian prosesi tersebut” kata Oki.

Kontributor: Agus Riyanto (Informasi Komunikasi Badko HMI Jawa Barat)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news