Promosikan Wisata Leisure, Jakarta berpartisipasi dalam Pameran Internationale Tourismus-Börse (ITB) di Jerman

HIPAKAD63.NEWS | BERLIN,-

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta kembali mengikuti pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin, 5-7 Maret 2024 di Berlin Exhibition Grounds, Berlin, Jerman. Hal ini sebagai wujud komitmen Disparekraf DKI Jakarta yang siap mendukung program pemerintah memenuhi target wisatawan mancanegara tahun 2024.

ITB Berlin 2024 menjadi salah satu event pariwisata yang sangat dinantikan oleh penggiat bisnis yang menggeluti Industri Pariwisata. Melalui collaborative marketing Disparekraf Provinsi DKI Jakarta bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI berpartisipasi pada booth Paviliun Wonderful Indonesia seluas 396 m2 dengan tema “Regeneratif dan Green Tourism yang menonjolkan 5 Destinasi Super Prioritas”. Paviliun Wonderful Indonesia pada ITB Berlin 2024 telah diresmikan oleh Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) pada 5 Maret 2024. Kehadiran Indonesia pada event ini sangat penting sebagai bentuk komitmen bersama untuk memajukan pariwisata Indonesia sebagai salah satu pendorong ekonomi Indonesia.

“Sebagai salah satu sektor yang memiliki dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat dan memiliki multiplayer effect yang tinggi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendorong promosi, pertumbuhan dan perkembangan pariwisata Jakarta dengan mengikuti berbagai pameran bertaraf internasional,” kata Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (8/3).

Pada tahun 2024, ITB Berlin diikuti oleh perwakilan lebih dari 180 negara. Dalam pameran bisnis pariwisata terbesar di dunia ini, Indonesia membawa 92 co-exhibitors, sebanyak 10 industri pariwisata Jakarta yang terdiri dari Travel Agent, Operator Tur, Hotel dan pengusaha restoran turut ambil bagian dalam mempromosikan wisata Jakarta.

“Di pameran ini, kami memperkenalkan destinasi eco tourism wisata leisure di Kepulauan Seribu, serta sport tourism wisata Golf yang dapat dinikmati sepanjang tahun. Disparekraf siap all out mendukung program pemerintah memenuhi target capaian wisatawan mancanegara tahun 2024 sejumlah 9,5-14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara,” ujar Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta.

Sebagai bagian dari crowd puller dan atraksi pada Pavilliun Wonderful Indonesia, Disparekraf Provinsi DKI Jakarta turut menghadirkan Abang None Jakarta selaku Duta Pariwisata Jakarta dan satu orang pelaku ekonomi kreatif sub sektor kriya untuk memperkenalkan seni membatik Betawi yang secara interaktif turut mengajak pengunjung melakukan workshop membatik.

“Tema green tourism yang diusung adalah pengembangan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang baik terhadap lingkungan serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung,” terang Ketua Sub Kelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Disparekraf DKI Jakarta Lucky Wulandari.

Untuk diketahui, ITB Berlin merupakan bursa pariwisata terbesar di dunia yang telah berlangsung sejak tahun 1966, merupakan event pariwisata yang diikuti oleh paling banyak negara dan diliput oleh paling banyak jurnalis. Pameran ITB Berlin pada tahun 2023 lalu, di hadiri oleh 1.000 buyers, 23.000 convention visitor, 50.000 private visitor dan 115.000 trade visitor dan lokasi pameran yang sangat luas yakni 160 ribu meter persegi dan dengan total nilai transaksi lebih dari 6,7 miliar Euro.

Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Exit mobile version