Pj Walikota Bekasi Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dari Kemendagri RI

Redaksi

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI,-

Setelah melaksanakan Apel Senin Pagi, Pj. Walikota Bekasi, R. Gani Muhamad, ikuti langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kementerian Dalam Negeri RI yang dilakukan secara virtual bertempat di Ruang Command Center Pemerintah Kota Bekasi, Senin (25/09).

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang diikuti oleh Kota/Kabupaten se- Indonesia rutin dilaksanakan setiap minggu nya untuk update perkembangan langkah-langkah monitoring dan evaluasi yang ditempuh sebagai implementasi pengendalian dan pencegahan inflasi.

Dalam rakor tersebut, dilaporkan bahwa, sampai dengan minggu ketiga di bulan September 2023, terjadi kenaikan harga Beras dan Gula Pasir, untuk itu pimpinan Rakor yakni Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah untuk lakukan distribusi Beras dan Gula Pasir secara merata.

“Segera distribusikan beras dan gula pasir kepada masyarakat secara massive dan merata, gencarkan juga Bazaar Pangan Murah di wilayah yang menyediakan berbagai bahan pokok, pastikan stock bahan pangan selalu tersedia, dan lakukan evaluasi secara terus menerus hingga dapat hasil yang terbaik, inflasi menurun, kebutuhan masyarakat terpenuhi,” ujar Mendagri.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri juga menyampaikan beberapa arahan Presiden Joko Widodo terkait pengendalian inflasi. Mendagri Tito menyampaikan, “adapun pesan presiden adalah lakukan optimalisasi APBD, lakukan juga penguatan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produktifitas pertanian, integrasi-kan data dan stock neraca pangan daerah, lakukan penguatan infrastruktur dan rantai pasok untuk distribusi, dan sinergi-kan koordinasi kebijakan pengendalian inflasi.

Menanggapi arahan-arahan tersebut, Pj. Walikota Bekasi, R. Gani Muhammad menuturkan bahwa akan bekerja bersama Perangkat Daerah terkait guna optimal kan langkah-langkah pengendalian inflasi.

“Semua arahan dalam Rakor tersebut akan segera di koordinasi kan dan dikerjakan bersama Kedinasan terkait, dan bersama-sama juga akan disusun langkah-langkah solutif untuk menghadapi kenaikan harga Beras dan Gula Pasir, agar kebutuhan pokok masyarakat tetap tersedia, terpenuhi, serta dapat di jangkau oleh khalayak,” pungkas Pj. Walikota Bekasi.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news