BISKITA Trans Bekasi Patriot Resmi Diluncurkan Menteri Perhubungan Bersama Pj. Wali Kota Bekasi

Redaksi

HIPAKAD63.NEWS | KOTA BEKASI,- 

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota Bekasi resmi meluncurkan layanan BISKITA (Bus Inovatif, Solusi Transportasi Terintegrasi Perkotaan dan Andal) Trans Bekasi Patriot pada Minggu (03/02/2024).

BISKITA Trans Bekasi Patriot diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad.

Rangkaian persemian dimulai dari menyambut kedatangan Menteri Budi Karya Sumadi bersama jajaran yang menaikki LRT dari Halte LRT Cawang Jakarta dan berhenti di Halte LRT Bekasi Barat Revo Town Mall.

Selanjutnya, bersama Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad, menaikki armada BISKITA Trans Bekasi Patriot menuju Halte Bis Summarecon.

Baca Juga : BPTJ Ujicoba Layanan BISKITA Trans Patriot Bekasi.

Hadirnya BISKITA Trans Bekasi Patriot berfungsi sebagai _feeder_ guna mengakselerasi dan mendorong masyarakat yang semula menggunakan angkutan pribadi beralih ke angkutan umum.

Rencananya BISKITA Trans Bekasi Patriot akan beroperasi sebanyak 15 unit bus yang melayani penumpang mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dengan waktu tunggu (headway) sekitar 10 menit dan selama masa uji coba layanan ini masyarakat dapay mengaksesnya secara gratis.

Adapun rute atau koridor yang tersedia saat ini adalah Summarecon Bekasi – Vida tersebut total akan ada sebanyak 47 halte/bus stop dengan rincian sebanyak 21 halte/bus stop dari rute Summarecon – Vida dan 26 bus stop dari Vida – Summarecon dengan terintegrasi langsung dengan Halte LRT Bekasi Barat Revo Town Mall.

Hadirnya layanan BISKITA Bekasi Trans Patriot merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan untuk mendorong fasilitasi angkutan umum yang nyaman bagi masyarakat dan terintegrasi langsung dengan moda transporasi modern saat ini, yakni LRT sehingga jumlah pengguna LRT semakin meningkat dengan hadirnya _feeder_ bis yang nyaman dan harganya terjangkau.

“BISKITA Bekasi Trans Patriot merupakan bentuk komitmen kami, Kementerian Perhubungan, untuk mendorong peningkatan jumlah pengguna angkutan umum, sehingga semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi, apalagi kami hubungkan langsung dengan Stasiun LRT sehingga para warga Kota Bekasi yang bekerja di DKI Jakarta dapat lebih mudah akses menuju ke sana yang tentunya aman, nyaman, dan lebih cepat,” ujar Menteri Budi Karya Sumadi.

Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad pun menyambut baik kehadiran BISKITA Bekasi Trans Patriot dan Pemerintah Kota Bekasi akan siap mendukung agar layanan ini bisa beroperasional dengan baik dan bermanfaat banyak bagi khalayak luas.

“Kami sangat mengapresiasi hadirnya BISKITA Trans Bekasi Patriot, kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan bahwa Kota Bekasi terpilih untuk dihadirkan layanan BISKITA ini yang diharapkan mampu mengurai permasalahan transportasi dan meningkatkan layanan transportasi di kawasan perkotaan sehingga lebih memudahkan mobilitas masyarakat dengan angkutan umum yang modern dan nyaman,” tutup Gani Muhamad.